Objek Studi Sosiologi

Objek studi sosiologi adalah masyarakat dengan menyoroti hubungan antar manusia dan proses sebaba-akibat yang timbul dari hubungan antar manusia yang dinamis, alias selalu berubah.

Objek yang dipelajari sosiologi adalah sebagai berikut.

  1. Hubungan timbal balik antara manusia satu dengan yang lain.
  2. Hubungan antara individu dengan kelompok
  3. Hubungan antara kelompok satu dengan kelompok lain.
  4. Sifat-sifat dari kelompok social yang beranekaragam coraknya.

Dalam mempelajari objek studi, sosiologi tidak dapat berdiri sendiri tanpa bantuan ilmu sosial lainnya sehingga sosiologi bersifat interdisipliner.

Dengan demikian, tuntutan bagi seseorang yang mempelajari sosiologi adalah harus banyak membaca buku dan tulisan yang berkaitan dengan pokok bahasan dalam sosiologi itu sendiri.

Baca juga: Pengertian Sosiologi Sastra Secara Umum dan Para Ahli

Tujuan dan Sifat Sosiologi

Tujuan sosiologi adalah meningkatkan keterampilan serta kemampuan manusia dalam menyesuaikan diri dengan lingkungan hidupnya sehari-hari.

Dengan cara mengembangkan pengetahuan yang objektif mengenai gejala kemasyarakatan yang dapat dimanfaatkan secara efektif dalam memecahkan masalah sosial.

Contohnya, ada seseorang yang ingin membeli rumah untuk tempat tinggal. Maka seharusnya dia  mempelajari sifat dan karakter masyarakat di lingkungan tersebut agar tidak mengalami kesulitan dalam beradaptasi.

Baca juga: Pengertian Komunikasi Antar Budaya dan Fungsinya

Pemahaman Sosiologi Menurut Sifatnya

Adapun pemahaman sosiologi dilihat dari sifat dan hakikatnya adalah sebagai berikut.

1. Sosiologi termasuk rumpun ilmu-ilmu sosial yang bersangkut paut dengan gejala-gejala kemasyarakatan.

2. Sosiologi merupakan ilmu pengetahuan yang kategoris, artinya membatasi diri dengan apa yang terjadi bukan pada apa yang seharusnya terjadi.

3. Sosiologi merupakan ilmu pengetahuan yang murni karena tujuan untuk membentuk dan mengembangkan ilmu pengetahuan secara abstrak, bukan ilmu terapan atau terpakai.

4. Sosiologi merupakan ilmu pengetahuan secara abstrak artinya yang diperhatikan adalah pola dan peristiwa yang terjadi dalam masyarakat.

5. Sosiologi bertujuan untuk menghasilkan pengertian-pengertian dan pola-pola umum. Sosiologi meneliti dan mencari apa yang menjadi prinsip atau hukum umum dari interaksi antar manusia dan perihal sifat, hakikat, isi, serta struktur masyarakat manusia.

6. Sosiologi merupakan ilmu pengetahuan yang rasional, terkait dengan metode yang dipergunakan.

7. Sosiologi merupakan ilmu pengetahuan yang umum dan bukan ilmu pengetahuan yang khusus. Artinya, sosiologi mengamati dan mempelajari gejagejala-gejala umum yang ada pada setiap interaksi dalam masyarakat secara empiris