Banyak yang mengatakan bahwa cemburu merupakan bumbu-bumbu penyedap dalam sebuah hubungan. Tanpa adanya rasa cemburu maka hubungan akan terasa hambar. Ya, dengan adanya rasa cemburu, bisa dikatakan bahwa pasanganmu sangat menyayangimu dan tidak ingin kehilanganmu.

Rasa cemburu biasanya timbul ketika seseorang melihat pasangannya berdekatan dengan orang lain. Walaupun hanya sekedar chatting melalui pesan singkat, namun jika rasa sayang terlalu besar terhadap pasangan, maka rasa cemburu pasti muncul.

Akan tetapi, sebaiknya kamu harus bisa mengontrol rasa cemburu tersebut agar tidak terlalu berlebihan alias cemburu buta. Sebab, hal tersebut akan merugikan dirimu sendiri karena dapat membuat hubungan dengan pasangan hancur.

Lantas, bagaimana kalau ternyata pacarmu termasuk orang yang pencemburu akut? Apa yang harus dilakukan? Nah, berikut ini adalah beberapa cara menghadapi pasangan pencemburu, diantaranya:

Baca juga: Punya Pacar Pemarah? Inilah 6 Tips untuk Menghadapinya

1. Berikan Penjelasan dengan Tenang

Saat pasangan terlalu cemburuan, kamu pasti akan merasa sangat risih bahkan emosi, bukan? Sebenarnya, jika kamu menghadapi pasangan yang sedang cemburu dengan cara keras atau memarahinya, justru akan menimbulkan pertengkaran hebat. Ia akan semakin mencurigaimu karena sikapmu yang seperti sedang membela diri. Sebaiknya, jelaskan permasalahan yang membuat ia cemburu dengan tenang dari hati ke hati. Dengan demikian, ia akan mengerti dan menganggap bahwa cemburu yang ia rasakan adalah salah.

2. Yakinkan Bahwa Hanya Dia yang Kamu Cinta

Cemburu adalah tanda cinta. Namun, jika cemburu terus timbul secara berlebihan, maka artinya tidak ada rasa saling percaya di dalam sebuah hubungan yang sedang dijalani. Oleh karena itu, jika pasanganmu memiliki rasa cemburu yang berlebihan terhadapmu, sebaiknya yakinkan dia bahwa kamu sangat mencintainya dan tidak ada orang lain di dalam hatimu kecuali hanya dirinya seorang.

3. Kenalkan Kepada Teman dan Keluarga

Menjalani sebuah hubungan dengan seseorang, berarti juga harus menjalin hubungan baik dengan teman dan keluarganya. Umumnya, banyak orang yang merasa cemburu karena masih belum tahu tentang siapa saja teman dan keluarga dari pasangan. Nah, jika kamu sudah mulai mengenalkan pasanganmu kepada lingkungan teman dan keluargamu, maka ia tidak akan memiliki alasan untuk merasa cemburu. Sebab, ia sudah mengetahui siapa saja orang-orang yang berada di sekelilingmu.

4. Bersikap Terbuka

Cara menghadapi pasangan suka cemburu yang terakhir adalah selalu bersikap terbuka tentang hal apapun. Sebab seseorang yang cemburuan biasanya akan mudah curiga. Begitu pula dengan pasanganmu yang selalu ingin tahu dan curiga dengan setiap apa yang kamu lakukan. Untuk itu, ceritakan semua hal pada pasanganmu agar ia selalu percaya dan tidak muncul rasa cemburu.

Well, itulah beberapa cara menghadapi pasangan yang cemburuan. Semoga bermanfaat, ya!

Author : Eva