Indonesia adalah salah satu negara yang memiliki pulau dan laut terbanyak di dunia. Letak Indonesia pun sangat strategis, yakni dihimpit oleh lempengan benua Asia dan Australia sehingga tak heran jika kelautan Indonesia memiliki banyak topografi, salah satunya palung.

Palung adalah jurang dalam yang berada pada dasar laut. Negara-negara yang dihimpit oleh pulau dan laut pasti memiliki palung. Di dalam palung, terdapet ekosistem dan hewan air seperti ikan, udang, serta organisme lain yang menghuni.

Nah, di Indonesia sendiri kurang lebih terdapat sekitar puluhan, bahkan ratusan palung dengan ukuran bervarian. Lantas, apa saja palung terdalam di Indonesia? Berikut diantaranya:

Baca juga: Batas-Batas Wilayah Indonesia Lengkap

1. Palung Mindanao (Kedalaman 10.540 meter)

Palung Mindanao merupakan palung terdalam di Indonesia yang terletak di sebelah timur Filipina. Menurut informasi yang dihimpun, palung Minadano memiliki kedalaman hingga 10.540 meter.

2. Palung Weber (Kedalaman 7.440 meter)

Palung terdalam di Indonesia selanjutnya adalah Palung Weber yang terletak di Indonesia bagian timur dengan kedalaman sekitar 7.440 meter.

3. Palung jawa (Kedalaman 7.140 meter)

Palung Jawa atau yang biasa dikenal dengan palung Sunda adalah palung terdalam ketiga di Indonesia. Diperkirakan dalamnya mencapai 7.140 meter.

4. Palung Buton (Kedalaman 4.180 meter)

Palung Buton juga menjadi palung terdalam di Indonesia yang diperkirakan mencapai 4. 180 meter, palung ini ada di sekitar wilayah Buton.

Baca juga: 4 Pantai di Indonesia dengan Keindahan Sunset yang Menakjubkan

5. Palung Sangihe (Kedalaman 3.850 meter)

Palung Sangihe terletak di laut Maluku, perbatasan antara Lempeng Eurasia, lempeng Indo- Australia, dan lempeng Laut Filipina. Diperkirakan Palung Sangihe memiliki kedalaman rata- rata 3.850 meter.

6. Palung Taulad (Kedalaman 3.450 meter)

Palung terdalam di Indonesia selanjutnya adalah Palung Taulad, yang berada di sebelah utara laut timur Sulawesi Utara, berbatasan dengan profinsi Filipina pada bagian utaranya. Diperkirakan kedalaman Palung Taulad mencapai 3.450 meter.

7. Palung Ternate (Kedalaman 3.450 meter)

Palung Ternate juga dikatakan sebagai palung paling dalam di Indonesia denga kedalaman sekitar 3. 450 meter. Palung Ternate terletak di sebelah utara Maluku Utara.

8. Palung Timor (Kedalaman 3.310 meter)

Palung Timor terdalam selanjutnya adalah palung yang terletak di laut Timor, yaitu Palung Timor. Palung ini diperkirakan memiliki kedalaman hingga 3.310 meter.