Indonesia adalah salah satu negara dengan budaya dan kesenian yang melimpah. Dari Sabang sampai Merauke, ada segudang kesenian dengan keindahan masing-masing. Dengan seni yang melimpah, tak heran jika terdapat banyak pasar seni di Indonesia.

Nah, bicara tentang pasar seni, kali ini Sastrawacana.id telah merangkum 7 pasar seni terbaik di Indonesia yang bisa kamu kunjungi. Apa saja pasar seni terbaik di Indonesia? Berikut diantaranya.

Baca juga: 7 Fakta Origami, Seni Lipat Kertas dari Jepang

1. Pasar Seni Sukawati Bali

Pasar Seni Sukawati Bali
photo: jejakpiknik

Bali adalah salah satu daerah potensial yang dimiliki oleh Indonesia. Selain kaya akan tempat wisata, Bali juga terkenal dengan keseniannya. Ada banyak pasar seni di Bali, salah satunya adalah pasar seni Sukawati yang terletak di Kecamatan Sukawati Kabupaten Gianyar. Di pasar ini tersedia berbagai macam hasil seni setempat, seperti patung tradisional, lukisan, topeng, pernak-pernik, kain motif Bali, dan masih banyak lagi.

2. Pasar Triwindu Surakarta

Pasar Triwindu Surakarta
photo: ceritamelalak

Pasar Triwindu Surakarta termasuk sebagai salah satu pasar seni terbaik di Indonesia. Usia pasar ini cukup tua hingga pada tahun 1939 dibangun kembali dan hingga saat ini tidak pernah sepi. Di sini, kamu akan melihat beragam barang seni mulai dari pernak-pernik, aneka keris Jawa, barang kuno, mesin tik kuno, lukisan, motor tua, hingga kain dengan batik khas Surakarta.

Baca juga: Keren, Karya Seni Jalanan ini Ingatkan Kita untuk Waspada Corona

3. Pasar Beringharjo Yogyakarta

Pasar Beringharjo Yogyakarta
photo: Sintia Astarina

Pasar seni yang satu ini terletak di jantung kota Yogyakarta. Kabarnya, pasar Beringharjo sudah menjadi pusat perbelanjaan sejak tahun 1758 dan hingga kini masih dipadati oleh masyakarat, baik setempat maupun pelancong. Selain sebagai pusat seni, pasar Beringharjo juga menjadi ikon bersejarah yang dimiliki oleh Yogyakarta.

4. Pasar Gede Hardjonagoro Surakarta

Pasar Gede Hardjonagoro
photo: gatra

Selain menjadi pusat perbelanjaan yang menjual karya seni, pasar ini juga menjadi sorotan banyak orang karena bentuk bangunannya yang penuh histori. Pasar ini menggabungkan beberapa unsur budaya, seperti Eropa, Tiongkok, dan Jawa. Selain banyak karya seni, Pasar Gede Hardjonagoro, Surakarta juga menyediakan aneka kuliner lokal.

5. Pasar Baru Jakarta

Pasar Baru Jakarta
photo: kumparan

Tidak seperti namanya, pasar Baru Jakarta bukanlah pusat perbelanjaan yang baru berdiri, tapi sudah ada sejak tahun 1800-an. Sampai sekarang, pasar ini tidak pernah sepi karena diserbu oleh pengunjung setiap hari. Di pasar Baru, kamu bisa membeli aneka ragam barang seni, mulai dari aksesoris, bahan tekstil, elektronik, pakaian, hingga barang antik dengan unsur seni tinggi.

6. Pasar Seni Banyumulek Lombok

Pasar Seni Banyumulek Lombok
photo: lombokexploring

Pasar seni Banyumulek Lombok adalah salah satu pasar seni terbaik yang ada di Pulau Lombok. Desa setempat memang dipenuhi oleh masyarakat dari golongan seni sehingga hasil karya mereka dijual secara resmi melalui pasar seni. Ada banyak barang seni yang bisa kamu temukan di sini, salah satu yang paling menarik adalah perlengkapan dapur dengan bentuk yang unik.

Baca juga: Macam Macam Motif Batik Lengkap dengan Gambarnya

7. Pasar Seni Ubud Bali

Pasar Seni Ubud Bali
photo: phinemo

Nama pasar seni Ubud sudah mendunia. Tidak hanya pelancong lokal saja, tapi pelancong mancanegara juga sering mengunjungi pasar ini untuk membeli oleh-oleh khas Bali. Lokasinya pun dekat dengan pusat kota Ubud sehingga sering digunakan sebagai persinggahan bagi bus pariwisata atau rombongan yang liburan ke Bali.

Nah, itulah beberapa pasar seni terbaik di Indonesia. Ada yang mau nambahin lagi? Jangan lupa share artikel ini untuk berbagi manfaat kepada orang lain.