Pasar merupakan pusat perbelanjaan yang mempertemukan antara penjual dengan pembeli untuk melakukan transaksi jual beli. Biasanya, pasar terletak di pusat keramaian atau pusat kota. Hal tersebut dimaksudkan agar mudah dijangkau oleh setiap orang.

Namun, apa jadinya jika pasar berada pada tempat yang tidak bisa dijangkau manusia? Ya, pasar yang dimaksud adalah pasar setan.

pasar angker
Photo: pexels.com

Pernahkah kamu mendengar istilah pasar setan? Walau terdengar sedikit aneh dan menyeramkan, tapi ternyata keberadaan pasar setan cukup dipercaya oleh sebagian orang. Apalagi masyarakat yang hidupnya di pedalaman, sudah pasti mereka berbaur dengan alam serta mengetahui kehidupan kasat mata, alias gaib.

Nah, bicara tentang pasar setan, ternyata negara kita tercinta ini juga memiliki begitu banyak pasar setan, loh. Entah itu mitos atau fakta, tapi beberapa pasar setan di Indonesia cukup ramai dibincangkan, bahkan sampai mancanegara.

Lantas, di mana saja lokasi pasar setan yang terkenal di Indonesia? Dihimpun dari berbagai sumber, berikut adalah 5 pasar setan di Indonesia yang menjadi perbincangan banyak orang.

Baca juga: 5 Hewan Lucu Ini Suka Menjadi Pertanda Kematian Seseorang Lho!

1. Pasar Setan Gunung Lawu

pasar setan gunung lawu
Photo: istimewa

Kabar punya kabar, Gunung Lawu terkenal dengan banyak mitos dan cerita seramnya. Bahkan, disebut-sebut pula jika ada sebuah pasar setan yang cukup besar di lereng Gunung Lawu, tepatnya di jalur pendakian yang memiliki hamparan luas dengan penuh rumput serta ilalang. Kalau dilihat dengan mata telanjang, kita tidak akan sadar jika di sana adalah sebuah pasar. Namun banyak yang mengatakan jika sering terdengar suara bising seakan-akan banyak orang, layaknya di pasar.

2. Pasar Setan Gunung Sumbing

pasar setan Gunung Sumbing
Photo: bisniswisata.co.id

Selanjutnya, pasar setan yang terkenal di Indonesia terletak di Gunung Sumbing, Jawa Tengah. Konon katanya pasar setan di Gunung Sumbing berada pada puncak yang cukup sulit ditempuh karena medan yang terjal dan tanjakan yang ekstrem. Setidaknya diperlukan waktu 2 sampai 3 jam untuk dapat ke sana. Selain itu, dikabarkan juga ada kakek-kakek tua yang berada di puncak sana, entah itu manusia atau makhluk jadi-jadian.

3. Pasar Setan Gunung Arjuna

pasar setan gunung arjuna
Photo: superadventure.co.id

Pasar setan yang cukup terkenal lagi berada di Gunung Arjuna, Jawa Timur. Walaupun banyak yang mendaki di gunung ini, nyatanya aura mistis itu masih terasa sangat kuat. Bahkan pernah muncul isu jika dulu ada seorang pendaki yang tanpa sengaja memasuki pasar setan. Kemudian pendaki tersebut membeli sebuah barang tanpa ia sadari jika barang tersebut akan membawa malapetaka.

Baca juga: Terkuak, Alasan Mengapa Dilarang Bersiul di Malam Hari

4. Pasar Setan Alas Purwo

pasar setan alas purwo
Photo: pexels.com

Alas Purwo adalah salah satu hutan yang paling angker di Indonesia. Hutan ini terletak di Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur. Konon katanya Alas Purwo adalah singgasana dari semua makhluk gaib sehingga menjadi pusat perdagangan gaib yang cukup besar. Ada banyak cerita seram di sana, salah satunya adalah orang tersesat yang membuatnya tidak bisa pulang hingga menghilang tanpa jejak.

5. Pasar Setan Lawang Sewu

misteri lawang sewu
Photo: abouturban.com

Siapa yang tidak tahu Lawang Sewu? Tempat bersejarah ini sangat sering menjadi sorotan media, baik karena unsur sejarahnya maupun karena unsur mistisnya. Ya, Lawang Sewu memang dipercaya memiliki unsur mistis yang kuat. Konon katanya masih ada arwah serta makhluk gaib yang tinggal di sana. Ketika pada waktu tertentu, akan terdengar suara ramai dan bising seperti di pasar.

Nah, itulah beberapa mitos pasar setan di Indonesia yang cukup hangat dibicarakan banyak orang. Namun kembali lagi pada diri sendiri, apakah mitos bisa dipercaya atau tidak tergantung dari individu masing-masing.

Author : Maulana Affandi