Bosan menjadi karyawan? Ingin resign, tapi bingung untuk mencari penghasilan selanjutnya? Ya, itulah salah satu dilema yang sering dialami oleh seorang pegawai atau karyawan. Gaji bulanan yang segitu-segitu saja, tekanan dari perusahaan, serta bos yang galak kadang membuat kebanyakan karyawan merasa jenuh, malas, dan ingin segera mengakhiri hubungannya dengan perusahaan tersebut.

Namun, ketika memutuskan untuk berhenti kerja atau resign, apakah ada jaminan hidup yang lebih baik di kemudian hari? Bisa iya bisa tidak. Itu semua tergantung dari kemauan serta kemampuan yang dimiliki.

Tapi alangkah baiknya agar kita tidak terburu-buru mengambil keputusan untuk berhenti kerja. Sebab, kita masih punya tanggung jawab untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari.

jenuh kerja
photo : pexels.com

Lebih baik kita melakukan terobosan baru dengan menciptakan usaha atau bisnis sendiri. Sebab, ada begitu banyak peluang usaha yang cukup prospek jika kita jeli melihatnya.

Mungkin ini adalah pilihan yang tepat. Kita bekerja sebagai karyawan, sekaligus membuka usaha sendiri. Ketika usaha yang dirintis berkembang dan berpenghasilan, maka kita bisa meninggalkan perusahaan tempat kita bekerja.

Ini sebuah keputusan yang bijak, daripada harus terburu-buru berhenti kerja tapi tidak ada kepastian di kemudian hari.

Namun, kembali lagi ke masalah modal. Banyak orang yang enggan membuka usaha karena faktor modal yang minim. Banyak yang beranggapan jika usaha harus dimulai dengan modal besar. Padahal pada kenyataannya tidak begitu.

Sebab ada beberapa jenis bisnis atau peluang usaha yang hanya membutuhkan modal tak lebih dari 1 juta. Apa saja peluang usaha tersebut? Berikut diantaranya:

Baca juga: Ternyata Pemilihan Warna Brand Bisa Mempengaruhi Kesuksesan Usahamu

1. Jual Pulsa Elektrik

bisnis pulsa
Photo: pexels.com

Tidak perlu sampai 1 juta, usaha jual pulsa elektrik cukup dimulai hanya dengan modal 100 ribu rupiah saja. Enaknya lagi, bisnis pulsa juga tidak harus membuka toko di pinggir jalan. Kita bisa melakukannya di mana saja, termasuk di rumah ataupun via online. Hasil dari berjualan pulsa juga cukup menggiurkan, bahkan bisa sampai 2000 rupiah setiap transaksi. Bisa dibayangkan, ketika sehari kita mendapat 50 orderan, maka sudah berapa hasil yang kita peroleh?

2. Usaha Toko Online

bisnis online
Photo: pexels.com

Sekarang kita hidup di jaman digital, yang mana semua kebutuhan hampir tersedia di internet. Nah, hal ini juga menjadi sebuah peluang usaha yang cukup baik prospeknya. Kita bisa membuka toko online, misalnya toko baju, perlengkapan anak, mainan, dan masih banyak lagi. Tidak perlu modal besar, apalagi stok produk. Sebab sekarang begitu banyak toko besar yang menerima reseller atau dropshipper kepada setiap orang.

3. Bisnis Katering

bisnis katering
Photo: pexels.com

Selanjutnya, ketika kita memiliki bakat memasak, kenapa tidak kita manfaatkan saja untuk mencari penghasilan? Ya, bisnis katering memang cukup menjanjikan. Kita bisa menawarkan di komplek perumaha, kantor, ataupun instansi kepemerintahan seperti kantor desa. Modal yang digunakan juga tidak banyak, tapi hasilnya cukup menggiurkan.

Baca juga: 6 Alasan yang Membuatmu Masih Jadi Pengangguran

4. Bisnis Jasa Pengetikan

bisnis jasa pengetikan
Photo: pexels.com

Selanjutnya kita bisa membuka jasa pengetikan. Kalau usaha yang satu ini terbilang tidak butuh modal, hanya saja dibutuhkan skil. Sebab kita bisa melakukannya di kantor atau menggunakan fasilitas kantor untuk mengerjakan orderan dari klien. Walau terlihat sederhana, tapi jasa pengetikan cukup ramai dicari.

5. Jual Bibit Tanaman

bisnis bibit tanaman
Photo: pexels.com

Jual bibit tanaman merupakan sebuah alternatif usaha yang cukup menjanjikan di jaman sekarang. Sebab kebanyakan orang ingin rumahnya asri dengan tanaman. Kita bisa mencari distributor bibit tanaman dan menjualnya lagi ke orang lain. Modal yang digunakan juga tidak begitu besar, tapi ketika kita bisa menjualnya dengan baik, maka pundi-pundi rupiah pun akan mengalir.

6. Bisnis Kerajinan Tangan

bisnis kerajinan tangan
Photo: pexels.com

Kerajinan tangan merupakan salah satu pelauang usaha atau bisnis rumahan yang paling menyenangkan. Sebab, kita bisa melakukannya dengan senang hati dan melatih kreativitas. Kita pun bisa menggunakan bahan dasar yang sederhana, misalnya sampah plastik atau botol minuman bekas. Tentu saja modalnya tidak banyak, bukan?

7. Jual Es Krim

bisnis es krim
Photo: pexels.com

Bisnis modal kecil selanjutnya adalah menjual es krim. Kita bisa membuatnya sendiri di rumah. Kalau tidak bisa, kita bisa melihat tutorial di internet atau Youtube. Ada begitu banyak resep membuat es krim yang sederhana dengan modal minim. Kita bisa menjualnya ke tetangga sampai teman kantor.

Baca juga: 5 Cara Menjadi Freelancer Sukses Hanya Dalam Hitungan Hari

8. Jual Gorengan

bisnis gorengan
Photo: pexels.com

Jangan sepelekan orang penjual gorengan. Walau terlihat sederhana, tapi banyak penjual gorengan yang berhasil meraup hasil besar dari dagangannya. Sebab gorengan adalah sebuah peluang usaha dengan modal kecil, tapi hasil menggiurkan. Ketika bisnis gorengan sudah ramai, kita bisa membuka gerai khusus untuk menjangkau konsumen lebih banyak lagi.

9. Jasa Desain

bisnis jasa desain
Photo: pexels.com

Usaha modal kecil selanjutnya adalah menjual jasa desain. Jika kita memiliki kemampuan desain, baik desain banner, undangan, cover buku, dan sebagainya, maka itu adalah modal utama kita. Untuk permulaan jangan pasang tarif mahal sebab kita belum dikenal. Alangkah baiknya untuk menunjukkan kualitas kita terlebih dahulu.

10. Menjadi Selebgram

cara jadi selebgram
Photo : pexels.com

Jangan salah, selebgram adalah salah satu jenis usaha yang paling populer saat ini. Dengan endorse, banyak selebgram yang bisa memenuhi kebutuhan sehari-hari. Banyak pertanyaan tentang bagaimana cara menjadi selebgram? Sebenarnya menjadi elebgram tidak sulit, ada beberapa trik khusus yang bisa kita lakukan agar bisa menjadi selebgram.

11. Jasa Roti Bakar

bisnis roti bakar
Photo: pexels.com

Selanjutnya kita juga bisa mencoba peluang usaha roti bakar. Usaha ini tidak memerlukan modal banyak. Kita bisa memanage pengeluaran agar tidak sampai 1 juta. Yang paling utama dalam bisnis roti bakar adalah kualitas roti serta rasa. Ketika rasa sudah bisa bersaing, maka balik modal akan cepat terealisasi.

Baca juga: 10 Situs Lowongan Kerja Terpercaya di Indonesia untuk Jobseeker

12. Membuka Warung Kopi

bisnis warung kopi
Photo: pexels.com

Bukan hal yang rahasia lagi jika usaha warung kopi adalah bisnis kecil yang menjanjikan. Jenis usaha yang satu ini memang benar-benar terbukti bisa menghasilkan uang dalam waktu singkat dengan modal sedikit. Jadi, kita bisa mencobanya di malam hari ketika pulang kerja.

13. Jual Camilan

bisnis camilan
Photo: pexels.com

Peluang usaha kecil selanjutnya adalah menjual camilan. Jika kita pandai membuat camilan, seperti keripik, maka kita bisa menjualnya. Tapi ingat, selain rasa, camilan juga akan lebih menjual ketika packing nya bagus. Rasa adalah yang utama, tampilan adalah yang kedua.

14. Jual Jamu

bisnis jamu
Photo: pexels.com

Usaha modal kecil yang bisa kita lakukan di rumah adalah jual jamu. Kita bisa mencari agen atau distributor jamu, kemudian menjualnya lagi. Modal yang digunakan pun tidak sampai sejuta. Kita bisa menjualnya di rumah, tanpa perlu menyewa lahan usaha di pinggin jalan.

15. Jasa Penulisan Artikel

artikel seo
Photo: pexels.com

Dan yang terakhir, peluang usaha baru yang menjanjikan saat ini adalah jasa penulisan artikel. Mengingat saat ini kita hidup di jaman yang serba digital, maka kebanyakan perusahaan atau segala bidang usaha akan meramban ke dunia online. Nah, pada dunia online, setiap pengusaha dituntut untuk bisa menulis kata-kata atau artikel yang menarik agar produk jualannya diminati oleh calon pembeli. Oleh sebab itu, artikel menjadi satu-satunya kunci agar usaha menjadi lebih dilirik oleh orang. Salah satu jasa penulisan artikel terbaik dan terpercaya adalah Sastrawacana.id. Sudah ratusan artikel yang ditulis dan berhasil membuat produk iklan menjadi lebih laris.

Nah, itulah beberapa jenis usaha atau peluang bisnis yang menjanjikan di tahun 2019 dengan modal minim, tidak lebih dari sejuta. Jadi, sudah siapkah Anda menjadi pengusaha?

Author : Maulana Affandi