Buat apa sekolah tinggi-tinggi kalau ujung-ujungnya hanya ke dapur? Kata-kata itu seringkali kita dengar dan diperuntukkan untuk kaum wanita. Apakah kamu pernah mengalaminya juga? Kalau benar, maka tidak perlu diambil pusing.

Sebab, pendidikan bukanlah sekedar urusan dapur belaka, tapi lebih kepada bekal diri untuk menjalani kehidupan yang lebih berkualitas.

Selain itu, adanya pendidikan bagi wanita juga bukan tanpa alasan. Sebab tidak hanya sekedar formalitas saja, berikut adalah 5 alasan mengapa wanita harus menempuh pendidikan, diantaranya:

Baca juga : 8 Tips Menjadi Entrepreneur Sukses, Ampuh Banget!

1. Memiliki Wawasan dan Pengetahuan yang Luas

Pria mana yang tidak tertarik dengan wanita yang memiliki wawasan dan pengetahuan luas? Tentu saja kebanyakan pria menyukai wanita yang pintar. Oleh sebab itu, wanita harus menempuh pendidikan. Dengan demikian, wanita bisa memiliki pola pikir aktif, inovatif, kreatif, dan mampu melakukan apapun tanpa bergantung pada pria.

2. Kesempatan Untuk Memiliki Karir yang Lebih Baik

Sama halnya dengan pria, wanita juga berkesempatan untuk bisa mendapatkan karir yang bagus. Tentu saja cara untuk mendapatkan karir sesuai yang diinginkan adalah dengan cara menempuh pendidikan. Tidak hanya itu saja, wanita juga bebas dalam berkarya dan berprestasi tanpa adan bentuk diskriminasi.

3. Menjadi Sosok yang Hebat

Alasan lain mengapa wanita harus menempuh pendidikan adalah sebagai bukti bahwa wanita juga bisa menjadi sosok yang hebat. Sebab, dengan pendidikan, wanita bisa berkonstribusi dalam membangun masa depan dan mencetak calon generasi penerus bangsa yang lebih baik.

4. Membantu Perekonomian Keluarga

Setelah menikah, kewajiban seorang istri hanya mengurus suami, anak, dan rumah. Namun, bagi sebagian wanita kegiatan tersebut cukup membosankan. Wanita yang memiliki pendidikan justru akan berpikir untuk bekerja agar dapat membantu meringankan beban suami dalam mencari nafkah. Oleh sebab itu, tidak bisa dipungkiri lagi jika pendidikan juga bisa bermanfaat dalam membantu perekonomian keluarga.

5. Sebagai Bekal Mendidik Anak

Seorang ibu yang pintar dapat membuat keturunannya (anak) menjadi pintar. Hal ini dikarenakan seorang anak akan mengikuti ibunya. Itulah alasannya mengapa seorang wanita penting dalam menempuh pendidikan. Sebab, mereka akan mendidik anak-anaknya dengan baik sehingga bisa tumbuh menjadi calon penerus bangsa.

Demikianlah sederet alasan mengapa pendidikan penting untuk wanita.

Author  : Eva E.T
Editor   : Maulana Affandi