Pengertian Apresiasi

Jelaskan pengertian apresiasi? Apresiasi adalah sebuah bentuk penghargaan kepada suatu karya seni dan sastra yang dihasilkan dari proses pengamatan, penglihatan, pendengaran, dan penjiwaan.

Menurut bahasa, apresiasi berasal dari bahasa latin, yaitu “Apreciatio” yang artinya menghargai. Sedangkan secara terminologi, arti apreasiasi adalah proses penilaian seorang ahli terhadap sesuatu.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), arti apreasiasi adalah:

apresiasi/ap·re·si·a·si/ /aprésiasi/ n 1 kesadaran terhadap nilai seni dan budaya; 2 penilaian (penghargaan) terhadap sesuatu; 3 kenaikan nilai barang karena harga pasarnya naik atau permintaan akan barang itu bertambah;

Baca juga: Apresiasi Drama Menurut Para Ahli

Pengertian Apresiasi Menurut Para Ahli

Adapun pengertian apresiasi menurut para ahli adalah sebagai berikut:

1. Alfred North Whitehead

Apresiasi adalah proses pengapresiasian terhadap sebuah hal yang dilakukan oleh seseorang dalam sebuah kegiatan guna mendapatkan suatu hal, dan berpartisipasi di dalamnya dengan penilaian secara keseluruhan.

2. Effendi

Pengertian apresiasi menurut Effendi merupakan aktivitas menggauli cipta sastra dengan sungguh-sungguh sehingga tumbuh pengertian, penghargaan, kepekaan pikiran kritis, dan kepekaan perasaan yang baik terhadap karya sastra.

3. Aminuddin

Berdasarkan pandangan Aminuddin, apresiasi mengandung makna pengenalan melalui perasaan atau pun kepekaan batin dan pengakuan terhadap unsur-unsur keindahan yang diungkapkan oleh pengarangnya.

4. Albert R. Candler

Definisi apresiasi merupakan kegiatan mengartikan serta menyadari sepenuhnya seluk beluk karya seni, serta menjadi sensitif mengenai gejala estetis dan artistik, sehingga dapat menikmati dan menilai karya tersebut secara semestinya.

Dalam aktivitas mengapresiasi, seorang penghayat melaksanakan aktivitas pencarian pengalaman estetis, sehingga motivasi yang timbul adalah motivasi pengalaman estetis (berupa kepuasan kontemplatif dan intuitif).

Baca juga: Pengertian Kritik Sastra Lengkap 

5. Elliyati

Berdasarkan pandangan Elliyati, apresiasi merupakan setiap kegiatan mengakrabi karya sastra secara bersungguh-sungguh. Berkaitan dengan hal itu, apresiasi membutuhkan kesungguhan penikmat sastra untuk mengenali, menghargai, dan menghayati, sehingga ia dapat menemukan penjiwaan yang benar-benar dalam.

6. Effendi (1973)

Apresiasi adalah sebuah aktifitas atau kegiatan untuk menggauli sastra yang diciptakan dengan ketulusan hati dan kesungguhan hingga dihasilkan karya yang menumbuhkan pengertian, kepekaan, kritis, penghargaan, dan kepekaan rasa yang cukup baik terhadap hasil cipta sastra.

7. John Dewey

Apa itu apresiasi? Definisi apresiasi adalah menikmati sebuah kesenangan atau pengalaman terhadap sesuatu.

8. Jarret

Definisi apresiasi adalah perhatian seseorang terhadap sesuatu yang bisa berupa ketertarikan, kesenangan, dan pemanfaatan terhadap sesuatu tersebut.

9. Hornby

Pengertian apresiasi menurut Horby apresiasi mengacu kepada pengertian pengenalan dan pemahaman yang tepat, pertimbangan, penilaian, dan pernyataan yang memberikan penilaian.

Tujuan Apresiasi

Apresiasi dilakukan bukan tanpa alasan. Adapun tujuan apresiasi adalah sebagai berikut:

  • Memberi penghargaan positif kepada sastrawan dan seniman.
  • Mengembangkan nilai estetika dari karya seni dan karya sastra.
  • Meningkatkan kemampuan imajinasi dan kreativitas para seniman.
  • Untuk menyempurnakan sebuah karya.
  • Memberi semangat agar seniman terus berkarya.
  • Memperbaiki karya agar menjadi lebih baik.
  • Mendukung/menghargai karya.
  • Menjelaskan kepada publik bahwa karya tersebut layak dikonsumsi/tidak.
  • Memberi masukan kepada seniman dan sastrawan.