Pengertian Batik

Secara etimologi, kata batik berasal dari bahasa Jawa, yaitu”tik” yang berarti titik/matik (kata kerja, membuat titik) yang kemudian berkembang menjadi istilah ”batik” (Indonesia Indah ”batik”, 1997, 14).

Batik sendiri adalah sebuah karya seni kain bergambar yang memiliki corak dan motif khusus. Adapun corak dan motifnya menggunakan malam, lilin, serta pewarna yang dicap dan ditulis dengan unsur seni yang tinggi.

Dunia telah mengakui, bahwa batik adalah seni yang berasal dari Indonesia. Maka tak heran jika batik menjadi salah satu daya tarik tersendiri bagi Bangsa kita tercinta ini.

Baca juga: Pengertian Seni Musik Menurut Para Ahli

Batik Menurut Para Ahli

Berikut adalah beberapa pengertian batik menurut para ahli.

1. Murtihasi dan Mukminatun (1979)

Bataik adalah cara pembuatan bahan sandang berupa tekstil yang bercorak pewarnaan dengan menggunakan lilin sebagai penutup untuk mengamankan warna dari perembesan warna yang lain dalam pencelupan.

2. Irwan Tirta

Batik adalah teknik menghias kain atau testil dengan menggunakan lilin dalam proses pencelupan warna, yang semua proses tersebut menggunakan tangan.

3. Hamzuri

Definisi batik adalah lukisan atau gambar pada mori yang dibuat dengan menggunakan alat bernama canting. Orang yang melukis atau menggambar pada mori memakai canting disebut membatik. Membatik ini menghasilkan batik yang berupa macam-macam motif dan mempunyai sifat khusus yang dimiliki oleh batik itu sendiri.

4. Afif Syakur

Arti batik adalah serentang warna yang meliputi proses pemalaman (lilin), pencelupan (pewarnaan) dan pelorotan (pemanasan), hingga menghasilkan motif yang halus yang semuanya ini memerlukan ketelitian yang tinggi.

5. Santosa Doellah

Batik adalah sehelai kain yang dibuat secara tradisional dan terutama juga digunakan dalam matra tradisional, memiliki beragam corak hias dan pola tertentu yang pembuatannya menggunakan teknik celup rintang dengan lilin batik sebagai bahan perintang warna.

6. Konsensus

Pengertian batik menurut konsensus Nasional 12 maret 1996, batik adalah karya seni rupa pada kain dengan pewarnaan rintang yang menggunakan lilin batik sebagai perintang warna (wax resist technique).

7. UNESCO

Batik adalah kain atau busana yang dibuat dengan teknik perintang warna (wax resist technique), termasuk penggunaan motif-motif tertentu yang memiliki kekhasan. Batik Indonesia, sebagai keseluruhan teknik, teknologi, serta pengembangan motif dan budaya yang terkait, oleh UNESCO telah ditetapkan sebagai Warisan Kemanusiaan untuk Budaya Lisan dan Nonbendawi (Masterpieces of the Oral and Intangible Heritage of Humanity) sejak 2 Oktober, 2009.

8. KBBI

Menurut Kbbi, batik adalah kain bergambar yang pembuatannya secara khusus dengan menuliskan atau menerakan malam pada kain itu, kemudian pengolahannya melalui proses tertentu; kain batik.