Pengertian Teks Narasi

Teks narasi adalah teks yang disusun untuk menceritakan sebuah peristiwa atau kejadian dengan jelas, mulai dari kronologis sampai dengan urutan waktu yang ditentukan.

Biasanya, teks narasi ditulis dengan singkat, namun tidak menutup kemungkinan juga akan ditulis panjang tergantung dari kronologis sebuah peristiwa yang akan diangkat menjadi tulisan.

Baca juga: Pengertian Teks Eksplanasi dan Contohnya

Ciri-Ciri Teks Narasi

Adapun ciri-ciri teks narasi adalah sebagai berikut:

  • Menggunakan bahasa yang naratif
  • Memiliki kronologi atau urutan cerita
  • Cerita harus jelas, dari awal sampai akhir
  • Menjelaskan sebuah peristiwa
  • Berisi konflik
  • Memiliki unsur pembentuk seperti alur, tempat, tokoh, dan sebagainya.
  • Bertujuan untuk menceritakan

Contoh Teks Narasi

Supaya lebih jelas, berikut adalah contoh teks narasi agar mudah dipahami.

“Hari ini adalah hari yang sangat spesial bagi Rani. Tanpa sepengetahuannya, sahabat serta ibu guru datang menghampiri dan memeluk Rani dengan erat.

Bukan karena ingin menghukum, tapi sahabat serta guru ingin mengucapkan selamat ulang tahun kepada Rani. Dengan dekapan yang hangat itu, Rani tak bisa menahan air mata bahagianya hingga menetes ke pipi.

Selang beberapa menit, ada satu orang yang datang ke dalam kelas sambil membawa kue dan lilin. Orang itu adalah ibu dari Rani. Melihat ibunya datang, Rani semakin menderu tangsinya.

Dengan penuh kasih sayang, ibu Rani mencium kening dan memberikan ucapan selamat kepada Rani. Kemudian, Rani meniup lilin sambil berdoa di dalam hati. Rani sangat bahagia karena semua orang terdekatnya mengingat hari ulang tahunnya.”

Nah, itulah penjelasan singkat tentang teks narasi dan contohnya. Semoga artikel pendidikan ini bermanfaat dan jangan lupa untuk membaca artikel lainnya hanya di Sastrawacana.