Pengertian Makalah

Makalah adalah karya tulis yang sifatnya ilmiah dengan memuat hasil pemikiran atas suatu masalah atau topik tertentu yang ditulis secara sistematis dan runtut dengan disertai analisis yang logis dan objektif.

Makalah sengaja ditulis untuk disajikan sebagai bentuk karya ilmiah ataupun penelitian dengan tujuan tertentu. Adapun sifat dari makalah mencakup; objektif, adil, tidak memihak, berdasarkan fakta, memiliki data, sistematis, dan logis karena pada nantinya kebanyakan pembaca adalah orang-orang yang intelektual.

Baca juga: 8 Langkah Membuat Lagu yang Indah dan Enak Didengar

Struktur Makalah

1. Cover / Sampul Makalah

Dalam bagian ini terdiri dari judul, logo Sekolah atau Universitas, nama mata kuliah, data lengkap penulis, anggota kelompok, jurusan, fakultas, dan tahun pembuatan makalah itu sendiri.

2. Kata Pengantar

Kata pengantar biasanya diawali dengan kalimat syukur dan pujian kepada Allah SWT. Selanjutnya, barulah diisi dengan sedikit gambaran mengenai makalah yang ditulis. Terakhir, kata pengantar selalu diisi dengan permintaan maaf jika ada yang kurang dan diharapkan untuk memberi kritik serta saran.

3. Daftar Isi

Sama halnya dengan karya tulis lainnya, atau buku, daftar isi ini tidak ada perbedaan. Sebab, pada dasarnya daftar isi bertujuan untuk pencantuman nomor halaman sehingga membuat pembaca lebih mudah menemukan materi yang diinginkan.

4. BAB I : Pendahuluan

Setelah daftar isi, maka selanjutnya adalah pendahuluan. Dalam pendahuluan, penulis akan memberikan beberapa informasi dasar, seperti rumusan masalah, metode penelitian, serta alasan mengapa makalah itu dibuat.

5. BAB II : Pembahasan

Pada bagian pembahasan, penulis akan mengupas tentang apa yang ditulisnya pada Bab I tadi. Nantinya, pembahasan inilah yang paling penting karena penulis akan menuangkan hasil penelitiannya sehingga bisa memberi informasi kepada pembaca.

6. BAB III : Penutup

Pada Bab penutup, penulis biasanya membuat sebuah kesimpulan dari apa yang dijelaskan pada Bab sebelumnya. Kesimpulan ini juga disertai dengan ungkapan rasa terima kasih atas pihak-pihak yang telah mendukung proses pembuatan makalah.

7. Daftar Pustaka

Daftar pustaka selalu berisi daftar referensi rujukan yang digunakan untuk membuat makalah. Referensi dapat berupa buku, jurnal, skripsi, data dari internet, dan sebagainya. Dalam menulis daftar pustaka, ada kaidah atau aturan penulisan yang harus dipatuhi.

8. Lampiran

Lampiran adalah salah satu nyawa dari makalah. Di mana, lampiran ini adalah sebagai data dan bukti bahwa penulis benar-benar melakukan penelitian. Pada bagian ini penulis bisa melampirkan data-data seperti foto-foto kegiatan.