Pengertian Hotel Secara Umum

Hotel adalah bangunan yang memiliki banyak kamar untuk disewakan kepada setiap penginap dengan tarif tertentu sesuai dengan kualitas serta fasilitas yang diberikan.

Menurut Kbbi, hotel adalah:

hotel/ho·tel/ /hotél/ n bangunan berkamar banyak yang disewakan sebagai tempat untuk menginap dan tempat makan orang yang sedang dalam perjalanan; bentuk akomodasi yang dikelola secara komersial, disediakan bagi setiap orang untuk memperoleh pelayanan, penginapan, makan dan minum.

Baca juga: Pengertian Industri Kreatif Menurut Para Ahli

Pengertian Hotel Menurut Para Ahli

Adapun pengertian hotel menurut para ahli adalah sebagai berikut.

1. Sulastiyono (2001 : 6)

Hotel merupakan sebuah usaha komersial yang menyediakan tempat menginap, makanan dan pelayanan-pelayanan umum lainnya.

2. Lawson (1976)

Hotel merupakan Sarana tempat tinggal umum untuk wisatawan dengan memberikan pelayanan jasa kamar, penyedia makanan dan minuman serta akomodasi dengan syarat pembayaran.

3. Hotel Oroprietors et all dalam Sulastiyono  (2001- 5)

Hotel adalah suatu perusahaan yang dikelola oleh pemiliknya dengan menyediakan pelayanan makanan, minuman dan fasilitas kamar untuk tidur kepada orang-orang yang sedang melakukan perjalanan dan mampu membayar dengan jumlah yang wajar sesuai dengan pelayanan yang diterima tanpa adanya perjanjian khusus.

4. Richard Sihite

Menurut pendapat dari Richard Sihite, hotel ialah suatu bentuk akomodasi yang dikelola secara kormesial, disediakan bagi setiap orang untuk memperoleh pelayanan dan penginapan serta makanan dan minuman.

5. Agus Sambodo dan Bagyono

Menurut pendapat dari Agus Sambodo dan Bagyono, hotel ialah tempat dimana para wisatawan berkelas untuk memperoleh fasilitas penginapan dan makan dengan cara menyewa.

6. Endar Sri

Menurut pendapat dari Endar Sri, hotel ialah sebuah bangunan yang didirikan dan dioperasikan dengan tujuan menguntungkan dengan jalan menyiapkan fasilitas penginapan untuk masyarakat umum.

7. Rumekso

Menurut pendapat dari Rumekso, hotel ialah bangunan yang menyiapkan kamar-kamar untuk menginap para turis atau wisatawan, makanan dan minuman dan fasilitas-fasilitas lain yang dibutuhkan.