Pengertian Logika

Logika berasal dari bahasa Yunani, yaitu “logos“ yang berarti kata atau pikiran. Diperkenalkan pertama kali oleh Aristoteles lewat karyanya yang berjudul The Organon yang berarti alat. Maksudnya adalah alat untuk berpikir. Lebih jauh logos diartikan sebagai pikiran yang benar.

Menurut KBBI, logika adalah:

logika/lo·gi·ka/ n 1 pengetahuan tentang kaidah berpikir; 2 jalan pikiran yang masuk akal: keterangan saksi tidak ada — nya;

Baca juga: Pengertian Industri Kreatif Secara Umum dan Menurut Para Ahli

Pengertian Logika Menurut Para Ahli

Adapun pengertian logika menurut para ahli adalah sebagai berikut.

1. The Liang Gie

Dalam buku Dictionary of Logic (Kamus Logika) menyebutkan: Logika adalah bidang pengetahuan dalam lingkungan filsafat yang mempelajari secara teratur asas-asas dan aturan-aturan penalaran yang betul (correct reasoning).

2. Mundiri

Dalam bukunya menyebutkan logika didefinisikan sebagai ilmu yang mempelajari metode dan hukum-hukum yang digunakan untuk membedakan penalaran yang betul dari penalaran yang salah.

3. Jan Hendrik Rapar (1996 : 5)

Logika adalah suatau pertimbangan akal atau pikiran yang diatur lewat kata dan dinyatakan dalam bahasa.

4. Soekadijo (1983-1994 : 3)

Definisi logika adalah suatu metode atau cara yang di hasilkan untuk tujuan meneliti ketepatan nenalar.

5. William Alston

Pengertian logika adalah studi tentang penyimpulan, secara lebih ceramat usaha untuk mennetapkan ukuran-ukuran guna memisahkan penyimpulan yang sah dan tidak sah.

6. Aristoteles

Pengertian logika adalah ajaran tentang berpikir yang secara ilmiah membicarakan bentuk pikiran itu sendiri dan hukum-hukum yang menguasai pikiran.

7. Secara etimologis

Logika adalah istilah yang dibentuk dari kata logikos yang berasal dari kata benda logos. Kata logos berarti: sesuatu yang diutarakan, suatu pertimbangan akal (fikiran), kata, atau ungkapan lewat bahasa.