Semantik adalah cabang linguistik yang mempelajari arti/makna yang terkandung pada suatu kata, bahasa, kode, atau jenis representasi lain. Semantik juga bisa dikatakan sebagai pembelajaran yang merujuk tentang makna yang digunakan untuk memahami ekspresi manusia melalui bahasa.

Baca juga: Definisi Semiotika Menurut Para Ahli

Pengertian Semantik Menurut Para Ahli

1. Mansoer Pateda (2001:79)

Mengemukakan bahwa istilah makna merupakan kata-kata dan istilah yang membingungkan. Makna tersebut selalu menyatu pada tuturan kata maupun kalimat.

2. Ullman (dalam Mansoer Pateda, 2001:82)

Mengemukakan bahwa makna adalah hubungan antara makna dengan pengertian. Dalam hal ini Ferdinand de Saussure (dalam Abdul Chaer, 1994:286) mengungkapkan pengertian makna sebagai pengertian atau konsep yang dimiliki atau terdapat pada suatu tanda linguistik.

3. Dalam Kamus Linguistik, pengertian makna dijabarkan menjadi :

  • Maksud pembicara;
  • Pengaruh penerapan bahasa dalam pemakaian persepsi atau perilaku manusia atau kelompok manusia;
  • Hubungan dalam arti kesepadanan atau ketidak sepadanan antara bahasa atau antara ujaran dan semua hal yang ditunjukkannya,dan
  • Cara menggunakan lambang-lambang bahasa ( Harimurti Kridalaksana, 2001: 132).

4. Bloomfied (dalam Abdul Wahab, 1995:40)

Mengemukakan bahwa makna adalah suatu bentuk kebahasaan yang harus dianalisis dalam batas-batas unsur-unsur penting situasi di mana penutur mengujarnya.

5. Aminuddin (1998:50)

Mengemukakan bahwa makna merupakan hubungan antara bahsa dengan bahasa luar yang disepakati bersama oleh pemakai bahsa sehingga dapat saling dimengerti.