Pengertian Teks Berita

Teks berita adalah teks yang isinya berkenaan dengan kejadian atau peristiwa yang terjadi. Adapun sifat dari teks berita adalah berupa fakta, aktual, dan dapat dipercaya isinya.

Biasnya, teks berita ditulis di media cetak, media online, isiarkan di radio, ditayangkan di televisi, atau diunggah pada platform berbagi video.

Memang benar, teks berita harus berisi fakta, akan tetapi tidak semua fakta dapat diangkat menjadi berita. Sebab, tidak semua fakta layak untuk dipublikasikan secara luas.

Struktur Teks Berita

Struktur teks berita adalah susunan yang membangun teks tersebut. Struktur teks berita adalah sebagai berikut:

1. Orientasi Berita

Orientasi berita berisi informasi pembuka dari suatu kejadian yang sedang diberitakan. Biasanya, pada bagian orientasi ni terdapat penjelasan singkat mengenai isi dari berita tersebut.

2. Peristiwa

Peristiwa berisi mengenai kronologi, atau jalannya kejadian dari awal sampai akhir. Kronologi yang dipaparkan harus jelas sesuai fakta yang terjadi di lapangan.

3. Sumber Berita

Berisi mengenai sumber dari mana mendapatkan berita tersebut. Penulisan sumber berita biasanya berlaku pada pada media cetak seperti koran. Tapi, saat ini media online juga menggunakan sumber sebagai rujukan data.

Baca juga : Pengertian Teks Anekdot Beserta Contohnya

Ciri-ciri Teks Berita

Tidak semua fakta bisa diangkat menjadi sebuah teks berita. Banyak yang salah menilai yang mana teks berita dan yang mana bukan teks berita. Untuk itu, perhatikan ciri-ciri teks berita berikut ini supaya tidak salah kaprah.

1. Faktual

Maksud faktual adalah di mana suatu kejadian tersebut sifatnya nyata, benar-benar terjadi dan tidak terikat oleh waktu, baik kejadian saat ini maupun masa lalu.

Namun, teks berita yang menarik adalah teks berita yang sifatnya terkini, baru, dan masih hangat dibincangkan oleh masyarakat. Hal itu bertujuan agar tidak terjadi simpang siur informasi bagi kalangan masyarakat luas.

2. Aktual

Maksud dari aktual adalah kejadian yang diangkat menjadi teks berita harus bersifat nyata dan benar-benar terjadi saat itu juga. Jadi, beritanya tidak telat, yang sering disebut berita basi.

3. Unik atau Menarik

Teks berita biasanya dikemas dengan cara yang unik dan menarik. Hal ini bertujuan agar informasi yang diberikan benar-benar sampai ke pembaca. Selain itu, sifat unik dan menarik ini juga bisa memancing minat pembaca. Maka penulisan judul sangatlah penting dalam teks berita.

4. Berpengaruh Bagi Masyarakat

Teks berita harus memberikan pengaruh terhadap masyarakat sebagai pendengar dan pembaca. Jangan sampai teks berita tidak memberikan kesan yang berarti sehingga masyarakat sama sekali tidak mendapatkan informasi.

5. Ada Waktu dan Kronologi

Teks berita cenderung dilengakapi dengan runtutan waktu yang jelas. Artinya, kejadian itu harus ditulis secara gamblang, kapan terjadinya dan bagaimana prosesnya hingga kejadian itu terjadi.

6. Objektif

Maksud dari objektif adalah teks berita yang disampaikan harus benar-benar berita sesungguhnya tanpa dipengaruhi oleh pandangan atau opini pribadi. Jadi, sebetulnya tidak ada teks berita isinya menguntungkan atau merugikan orang lain.

7. Bahasa Baku dan Komunikatif

Bahasa yang digunakan di dalam teks berita pada umumnya menggunakan bahasa baku komunikatif. Bahasa baku adalah ragam bahasa yang penulisannya sesuai dengan kaidah-kaidah standar berbahasa, yaitu berpedoman pada EYD.

Itulah pengertian teks berita, struktur teks berita, dan ciri-ciri teks berita.

Baca lagi : Simak! Inilah Struktur dan Jenis Artikel Menurut Ahli