Novel merupakan sebuah karya sastra yang bentuknya berupa prosa panjang dengan rentetan cerita lengkap. Berbeda dengan cerpen, novel memiliki banyak halaman yang di dalamnya berisi lebih dari satu konflik. Tidak sedikit orang yang suka membaca novel, apalagi jika novel tersebut memiliki isi cerita yang sangat menarik.

Tentunya, di balik cerita yang bagus, ada pengarang atau penulis yang hebat. Saat ini, ada banyak sekali pengarang novel, khususnya di Indonesia. Dari sekian banyak penulis, ada beberapa yang paling sukses. Tak jarang, novel yang diciptakan menjadi best seller dan laku keras di pasaran.

Lantas, siapa saja pengarang novel paling sukses di Indonesia? Berikut diantaranya:

Baca juga: 5 Kesalahan Umum dalam Menulis Novel

1. Pidi Baiq

pidi baiq dilan
Photo: bookmyshow

Siapa yang tidak kenal dengan Pidi Baiq? Pidi Baiq merupakan seorang pengarang novel terbaik di Indonesia yang lahir pada tanggal 8 Agustus 1972 di Bandung, Jawa Barat. Salah satu karya novel yang sukses ia ciptakan adalah Dilanku- 1990. Novel ini bercerita tentang kisah kasih anak SMA bernama Dilan dan Milea. Karena bergenre romantis, tak heran jika banyak remaja yang menyukainya. Dilanku-1990 sangat laris di pasaran, apalagi semenjak diangkat menjadi sebuah film yang ditayangkan di bioskop pada tanggal 25 Januari lalu.

2. Tere Liye

tere liye penulis
Photo: prelo

Tere Liye merupakan seorang penulis yang lahir pada tanggal 21 Mei 1979 di Lahat, Sumatera Selatan. Walaupun ia dikenal dengan karya tulisnya berupa kata-kata bijak atau quote-quote indah yang bisa kita temui di sosial media instagram, tapi Tere Liye juga menciptakan berbagai novel dengan cerita yang sangat menarik. Salah satu novel yang sukses ia ciptakan hingga diangkat menjadi sebuah film ialah Hafalan Shalat Delisa. Novel ini menceritakan tentang kisah yang terjadi pada salah satu anak di Aceh saat terkena musibah Tsunami pada tahun 2004 silam.

3. Raditya Dika

marmut merah jambu
Photo: bukupedia

Jika ditanya, siapa salah satu penulis yang sangat terkenal di Indonesia? Jawabannya pasti Raditya Dika. Hampir sebagian besar orang tahu siapa Raditya Dika. Pria yang kerap dipaggil Radit ini lahir di Jakarta pada tanggal 28 Desember 1984. Novel yang diciptakannya selalu bergenre komedi, seperti Kambing Jantan, Marmut Merah Jambu, dan masih banyak lainnya. Karya tulis yang ia ciptakan selalu diangkat menjadi sebuah film yang ia perankan sendiri. Oleh sebab itu, selain dikenal sebagai penulis, ia juga dikenal sebagai aktor dan sutradara sukses. Tidak hanya itu saja, ia juga dikenal sebagai stand up komedian sehingga tak heran jika novel yang ia ciptakan selalu bergenre komedi.

4. Andrea Hirata

andrea hirata
Photo: entermeso

Penulis kelahiran Bangka Belitung ini merupakan penulis yang mampu membawa dirinya sukses secara finansial dengan karya-karyanya. Sebuah karyanya yang sangat fenomenal adalah “Laskar Pelangi”. Sebagian orang Indonesia pasti mengetahui novel ini. Begitu larisnya, sampai-sampai novel ini diangkat menjadi sebuah film dan disaksikan oleh seluruh pasang mata di Indonesia. Dilansir dari beberapa sumber, keuntungannya dalam menulis novel “Laskar Pelangi” diperkirakan mencapai angka Rp 3,6 miliar!

Nah, itulah beberapa novelis sukses di Indonesia. Sebenarnya masih banyak penulis sukses di luar sana karena karya-karyanya. Bagaimana? Minat jadi penulis?