Pencemaran udara adalah sebuah masalah yang sangat mempengaruhi kehidupan manusia, terutama masalah kesehatan. Sebab, dengan udara yang tercemar, maka kualitas udara yang dihirup sehari-haripun akan buruk sehingga bisa mengganggu kesehatan di dalam tubuh.

masker anti polusi
Photo: pexels

Ada banyak penyebab pencemaran udara yang terjadi saat ini, salah satunya adalah karena asap pabrik. Di mana asap tersebut mengandung zat atau polutan berlebih sehingga bisa mengganggu kualitas dari udara itu sendiri.

Selain itu, masih banyak penyebab lain dari pencemaran udara. Agar lebih jelas, simak informasinya berikut ini.

Baca juga: 6 Perbedaan Hidup di Kota dan di Desa, Kamu Pilih yang Mana?

1. Kendaraan Bermotor

polusi kendaraan
Photo: pexels

Di jaman yang semakin modern ini menjadikan jalanan sangat padat dengan kendaraan bermotor, baik mobil ataupun motor. Dari banyaknya kendaraan bermotor tersebut pasti mengeluarkan asap hasil pembakaran bahan bakar. Asap itulah yang nantinya menjadi penyebab pencemaran udara. Semakin banyak jumlah kendaraan, maka semakin besar pula dampaknya dalam pencemaran udara.

2. Pembakaran Sampah

bakar sampah
Photo: pixabay

Penyebab pencemaran udara selanjutnya adalah pembakaran sampah. Pembakaran sampah hampir sama dengan pembakaran bahan bakar, sebab uap yang dihasilkan bisa menjadi zat perusak atau polutan bagi kualitas udara. Oleh karenanya, banyak yang menyarankan agar sampah bisa didaur ulang untuk mengurangi pencemaran udara karena dibakar.

3. Asap Pabrik

asap pabrik
Photo: pexels

Indonesia tergolong sebagai salah satu negara industri terbesar. Maka dari itu tak heran jika kita melihat begitu banyak pabrik-pabrik besar yang memproduksi berbagai macam barang. Hal ini memiliki dampak positif dan negatif. Dampak positifnya adalah bisa memperbaiki perekonomian, sedangkan dampak buruknya bisa mencemari udara karena limbah asap yang setiap hari dihasilkan.

4. Obat-Obatan / Zat Kimia

pestisida
Photo: pixabay

Saat ini kita sudah tak bisa lepas dari obat-obatan atau zat kimia. Misalnya saja dalam pertanian, kebanyakan petani menggunakan obat anti hama, seperti pestisida. Padahal, pestisida disinyalir mengandung amonia yang bisa berdampak buruk bagi atmosfer dan udara jika digunakan dalam jumlah besar dan kurun waktu panjang.

5. Merokok

manfaat rokok
photo : pexels.com

Jumlah perokok di Indonesia sangat banyak. Bahkan, menurut data terakhir menyebutkan jika hampir 60 persen warga Indonesia aktif merokok. Sedangkan asap yang dihasilkan oleh rokok bisa memengaruhi kualitas udara sehingga terjadi pencemaran udara. Oleh karenanya, setiap rumah disarankan untuk memiliki tanaman agar zat racun yang dikeluarkan oleh rokok bisa diserap oleh tanaman tersebut.

6. Kembang Api

polusi kembang api
Photo: pexels

Penting untuk diketahui, penggunaan kembang api juga sangat berdampak pada pencemaran udara. Apalagi penggunaan kembang api dilempar ke langit sehingga jaraknya semakin dekat dengan atmosfer. Dengan begitu, asap yang dihasilkan oleh letusan kembang api tentu saja bisa membuat udara tercemar.

Itulah beberapa penyebab pencemaran udara yang seharusnya kita ketahui dan sadari karena dampaknya cukup buruk bagi kesehatan. Jangan lupa untuk tetap melestarikan tumbuhan agar kualtias udara tetap baik untuk dihirup.