Penyebab Perceraian

Perceraian adalah hal yang sebenarnya tidak baik, bahkan tidak dianjurkan dalam agama. Namun, kadang pilihan ini harus diambil oleh kedua belah pihak karena masalah yang dialami benar-benar tidak bisa didiskusikan lagi.

Perceraian bisa menghampiri siapa saja tanpa terkecuali, baik pasangan muda ataupun pasangan yang sudah lama menikah.

Ada berbagai macam faktor penyebab perceraian terjadi. Dihimpun dari berbagai sumber, berikut diantaranya:

1. Faktor Ekonomi

Penyebab perceraian yang umum terjadi adalah karena faktor ekonomi. Ada banyak kejadian, misalnya suami yang tidak bisa mencukupi kebutuhan istri atau istri yang tidak mengerti keadaan suami dan bahkan masalah hutang. Yang jelas, faktor ekonomi merupakan salah satu penyebab terjadinya perceraian rumah tangga.

2. Kekerasan Dalam Rumah Tangga

Penyebab perceraian selanjutnya adalah kekerasan dalam rumah tangga. Biasanya yang melakukan kekerasan adalah pihak suami, walau tidak menutup kemungkinan pihak wanita juga akan melakukannya. Ketika ada masalah, sebaiknya dibicarakan dengan kepala dingin, bukan dengan marah-marah, apalagi sampai main tangan.

3. Saling Mempertahankan Ego

Perbedaan pendapat dalam rumah tangga adalah hal wajar. Yang tidak wajar adalah ketika pasangan tidak bisa menahan egonya. Sehingga sering terjadi cekcok tiada henti. Bahkan yang diperdebatkan terkesan monoton, itu-itu saja. Oleh karenanya, hargai pendapat satu sama lain. Ketika memiliki perbedaan pendapat, lebih baik dicari solusi dan jalan tengahnya.

Baca juga: Menikah dengan Janda? Inilah 5 Manfaatnya

4. Rasa Cemburu yang Sangat Besar

Cemburu itu bagus. Kenapa demikian? Sebab, cemburu adalah wujud dari rasa sayang. Namun harus tahu batasan juga. Ketika terlalu pencemburu, maka hubungan bisa korat-karit. Faktor cemburu sering menjadi masalah utama dalam keluarga. Yang mulanya mesra, akan luntur karena merasa tidak dipercayai. Jadi cemburulah dengan wajar dan jangan berlebihan.

5. Masalah Seksual

Kadang juga perceraian terjadi akibat masalah seksual, entah dari pihak suami ataupun istri. Sebab hubungan seksual yang berkualitas dipercaya bisa meningkatkan keharmonisan rumah tangga.

6. Perselingkuhan

Dan yang terakhir dan kadang tidak bisa dimaafkan adalah terjadi perselingkuhan. Kedua belah pihak, baik suami dan istri pasti tidak terima jika sampai pasangannya selingkuh. Oleh karenanya, jaga kepercayaan yang telah diberikan dengan tidak membuka hati untuk orang lain.

Baca juga: 4 Cara Mudah Memanjakan Istri yang Sedang Hamil

Nah, itulah penyebab perceraian yang sering terjadi antara suami dan istri. Semoga artikel ini bermanfaat dan jangan lupa untuk membaca artikel lainnya hanya di Sastrawacana.