Pada tahun 90 hingga 2000-an, dunia perfilman Indonesia dipenuhi dengan tayangan film dari India yang disebut dengan Bollywood.

da banyak bintang Bollywood yang cukup terkenal di seluruh pelosok negeri, misalnya seperti Shahrukh Khan, Kareena Kapoor, Salman Khan, Kajol, Rani, dan masih banyak lainnya.

Hampir semua film Bollywood yang tayang meraih kesuksesan dan digandrungi oleh banyak orang.

Hal tersebut dikarenakan jalan ceritanya yang sangat bagus, ditambah para aktor dan aktris yang berperan di dalamnya memiliki paras cukup menarik.

Selain itu, film Bollywood juga identik dengan lagu dan tariannya yang menjadi daya tarik tersendiri bagi setiap penggemarnya.

Nah, ternyata film India bukan hanya bollywood saja loh, tapi juga ada istilah Tellywood. Tahukah kamu apa itu Tellywood?

Daripada penasaran, yuk simak perbedaan bollywood dan tellywood berikut ini.

Perbedaan Bollywood dan Tellywood

tellywood
Photo: pexels.com

Bollywood merupakan industri perfilman paling besar dan memiliki kasta tertinggi di India. Bollywood menggunakan Bahasa Hindi dan paling produktif di dunia perfilman India.

Tidak hanya itu, Bollywood hanya fokus pada film saja yang nantinya ditayangkan di Bioskop. Sementara Tellywood adalah drama serial atau sinetron yang ditayangkan di Televisi, bukan di Bioskop.

Baca juga: 5 Film Bagus Terbaru Januari 2019 yang Wajib Kamu Tonton

1. Karya yang Berbeda

Seperti yang sudah dijelaskan sebelummnya bahwa Bollywood hanya fokus pada film saja, yang artinya dalam satu kali main hanya memerlukan waktu singkat.

Selain itu, aktris dan aktor Bollywood juga bisa memerankan film dengan genre yang berbeda sehingga dalam satu tahun, mereka bisa main lebih dari satu judul film.

Sedangkan Tellywood hanya berfokus pada sinetron yang ditayangkan secara striping di Televisi.

Dengan demikian, aktris dan aktor Tellywood hanya bisa memainkan satu judul senetron saja dalam satu tahun, bahkan lebih.

2. Honor yang Berbeda

Bollywood memiliki kasta tertinggi sehingga hampir seluruh filmnya laku keras di pasaran, hingga ke berbagai negara di dunia.

Berbeda dengan Tellywood yang hanya bermain dalam sebuah sinetron dan hanya ditayangkan di Televisi setempat.

Tak heran jika honor yang diperoleh aktor dan aktris Bollywood ataupun Tellywood sangatlah berbeda.

Aktor dan aktris Bollywood menerima honor jauh lebih tinggi dibanding aktor dan aktris Tellywood.

Baca juga: 3 Drama Korea Terbaru yang Tayang di Awal Tahun 2019

3. Popularitas yang Berbeda

Dikarenakan Bollywood memiliki kedudukan tertinggi di India dan dikenal oleh hampir seluruh masyarakat di dunia, tak heran jika aktor dan aktrisnya memiliki banyak fans.

Berbeda dengan aktor dan aktris Tellywood yang hanya dikenal oleh masyarakat di negaranya saja.

Namun, di Indonesia pamor aktor dan aktris Tellywood cukup terkenal karena mereka sering mengunjungi Indonesia dan bisa berinteraksi langsung dengan pengagumnya.

4. Jenjang Karir yang Berbeda

Jika di Indonesia semua aktor dan aktrisnya bisa bermain dalam sebuah film maupun sinetron, sementara di India tidak. Mereka memiliki jenjang karir yang berbeda.

Misalnya, aktor dan aktris Bollywood hanya bermain di film saja sedangkan aktor dan aktris Tellywood hanya bermain serial drama dan sinetron saja.

Untuk bergabung dalam industri perfilman Bollywood tidaklah mudah karena proses seleksi cukup ketat.

Well, itulah perbedaan mencolok antara Bollywood dan Tellywood yang perlu kamu ketahui agar tidak salah dalam membedakannya.

Author : Eva
Editor  : Maulana Affandi