Beranda Artikel Nyaris Sama, Inilah Perbedaan Budaya Jepang dan Korsel

Nyaris Sama, Inilah Perbedaan Budaya Jepang dan Korsel

15
0
salam orang jepang
photo: kurio

Jepang dan Korea Selatan adalah dua negara maju yang menjadi percontohan banyak negara berkembang di dunia. Selain itu, kedua negara ini juga memiliki banyak kemiripan, mulai dari bentuk fisik warganya hingga tradisi serta budaya.

Namun, meskipun memiliki kemiripan dalam budaya, faktanya ada perbedaan yang cukup signifikan antara keduanya. Hal ini menarik untuk dibahas karena tidak sedikit orang yang salah menyimpulkan sehingga sering tertukar. Agar lebih jelas, simak beberapa perbedaan budaya Jepang dan Korea Selatan berikut ini.

Baca juga: 5 Pekerjaan Lulusan Sastra Jepang dengan Gaji Tinggi

Daftar Isi

1. Cara Memberi Salam

salam orang jepang
photo: kurio

Jepang dan Korsel memang memiliki kesamaan dalam memberi salam kepada orang lain, yaitu membungkuk. Namun, yang membedakan adalah orang Jepang membungkuk lebih rendah daripada orang Korea Selatan. Selain itu, di Jepang ada sebuah tradisi membungkuk berulang-ulang karena mereka menganggap orang yang terakhir membungkuk adalah sopan. Sedangkan di Korsel, mereka hanya membungkuk sekali saja.

2. Arsitektur Bangunan

arsitektur jepang
photo: pexels

Jika dilihat sekilas, kedua negara ini sepertinya memiliki bentuk bangunan yang nyaris sama karena identik dengan kuil dan istana. Padahal sebenarnya tidak. Ada ukiran-ukiran serta motif yang berbeda diantara keduanya. Selain itu, di Korsel terdapat banyak istana-istana sisa zaman kerajaan. Sedangkan di Jepang, lebih banyak kuil peninggalan zaman dulu yang difungsikan hingga sekarang.

Baca juga: 7 Fakta Origami, Seni Lipat Kertas dari Jepang

3. Budaya Pendidikan

lulusan sastra jepang
pexels

Jepang dan Korea Selatan memiliki sistem pendidikan yang sama majunya dengan mengedepankan teknologi. Hanya saja, di Jepang juga ada sebuah materi pembelajaran informal yang mengajarkan tentang etika dan sopan santun, khususnya kepada orang yang lebih tua. Namun untuk urusan formal, mereka berdua sama-sama memiliki sistem yang apik.

4. Budaya Berpakaian

kimono
photo: pexels

Jepang memiliki pakaian tradisional yang bernama Kimono. Sedangkan Korsel memiliki pakaian tradisional yang bernama Hanbok. Meski terlihat sama, padahal keduanya memiliki perbedaan. Salah satunya adalah dari motif dan garis. Hanbok umumnya lebih cerah dengan garis yang sederhana dan tidak memiliki saku. Sedangkan Kimono umumnya memiliki motif ramai, misalnya bunga sakura atau motif lain sesuai dengan budaya setempat.

5. Bentuk Wajah

wanita jepang
photo: pexels

Wajah orang Jepang dan Korea Selatan memang rupawan. Tapi ada perbedaan diantara keduanya. Umumnya orang Jepang memiliki bentuk wajah yang sedikit oval dengan tulang pipi sedikit ke bawah. Sedangkan orang Korea memiliki bentuk wajah sedikit datar dengan tulang pipi terangkat.

Baca juga: Mie Ramen Kuah Biru, Kuliner Viral di Jepang

6. Bentuk Mata

cewek jepang
photo: pexels

Orang Jepang memiliki bentuk mata yang lebih besar dibandingkan orang Korea. Bentuk mata orang Jepang kecil memanjang yang terlihat jelas pada perempuannya. Sedangkan bentuk mata orang Korea lebih kecil lagi dengan satu kelopak mata.