Perbedaan Candi Hindu dan Budha

Candi adalah sebuah peninggalan bersejarah yang berasal dari era kerajaan dahulu kala. Menurut sejarahnya, candi merupakan bangunan keagamaan Hindu-Budha yang digunakan sebagai tempat pemujaan dewa-dewi oleh pendeta atau tokoh agama pada saat itu.

Nah, yang jadi pertanyaan adalah, apa perbedaan candi Hindu dan candi Budha? Agar lebih jelas, simak beberapa perbedaannya berikut ini.

Baca juga: Peninggalan Kerajaan Kediri Lengkap (Candi, Prasasti, Kitab)

1. Struktur Bangunan

Walau terkesan sama, tapi sebenarnya candi Hindu dan candi Budha memiliki perbedaan struktur bangunan. Masing-masing memiliki bentuk dan filosofi yang berbeda.

Pada candi Hindu, terdiri dari 3 bagian, yaitu Bhurloka (dasar candi), Bhurvaloka (tubuh candi), dan Svarloka (atap candi).

Sedangkan pada candi Budha terdiri dari Kamadhatu (dasar candi), Rupadhatu (tengah candi), dan Arupadhatu (atap candi).

2. Fungsi Candi

Secara umum, candi memang disimbolkan sebagai tempat ibadah atau keagamaan. Tapi lebih spesifik lagi, ada perbedaan diantara keduanya.

Candi Hindu biasanya digunakan sebagai makam para raja dari kerajaan-kerajaan Hindu yang pernah berkuasa. Caranya dengan menyimpan abu jenazah di dalam candi.

Sedangkan candi Budha umumnya digunakan sebagai tempat ibadah atau pemujaan dewa-dewi pada saat itu.

3. Bentuk Puncak

Jika dilihat secara seksama, candi Hindu dan Budha memiliki perbedaan yang cukup unik, terletak pada bentuk puncaknya.

Pada candi Hindu, bentuk puncaknya meruncing dan biasa disebut dengan Ratna. Sedangkan pada candi Budha, bentuk puncaknya tambun dan biasa disebut dengan Stupa.

4. Bentuk Bangunan

Bentuk antara keduanya pun memiliki perbedaan. Kebanyakan candi Hindu memiliki bentuk yang ramping. Sedangkan candi Budha memiliki bentuk yang sedikit besar dan tambun.

5. Cerita Arca

Dikarenakan berbeda agama, maka bentuk fisik dan arca pun berbeda. Pada candi Hindu, umumnya dihiasai dengan cerita arca tentang Ramayana dan Krisnayana. Sedangkan pada candi Budha, dihiasai dengan cerita arca tentang Lalitavistara dan Avadana.

6. Arah Pintu Utama

Kedua candi ini juga memiliki perbedaan arah pintu utama. Candi Hindu memiliki pintu utama yang mengarah ke barat. Sedangkan candi Budha memiliki pintu utama yang mengarah ke timur.

7. Bahan Material

Candi Hindu umumnya menggunakan bahan batu merah yang tidak dibakar. Sedangkan candi Budha menggunakan bahan batu andesit yang telah dibentuk dan dipotong sedemikian rupa mengikuti pola dan bentuk.

8. Hiasan Relief

Pada candi Hindu, hiasan relief umumnya terlihat lebih rendah dan teksturnya tidak menonjol. sedangkan pada candi Budha, hiasan relief umumnya terlihat lebih tinggi dan teksturnya menonjol.