Bicara tentang dunia perfilman atau sinematografi, tentu saja ada banyak hasil karya yang dituangkan di dalamnya. Adapun hasil karya yang paling laris saat ini adalah film dan sinetron. Ya, begitu banyak jenis sinetron dan film hadir untuk menghibur kita semua.

Namun,  pernahkah kamu pernah berpikir tentang perbedaan film dan sinetron? Walaupun keduanya nyaris sama, yakni menayangkan cerita yang dilakoni artis, tapi sebenarnya ada perbedaan yang signifikan dari kedua karya tersebut.

sinematografi
Photo: pexels.com

Lantas, apa saja perbedaan antara film dan sinetron? Berikut diantaranya:

1. Plot Cerita yang Berbeda

Perbedaan antara film dan sinetron yang pertama adalah plot atau alur cerita yang berbeda. Film berisi plot yang disusun sedemikian rupa dengan alur cerita yang cukup singkat dan tidak bertele-tele. Namun, pesan dari cerita dalam film tersebut bisa sampai ke penonton. Sementara, sinetron memiliki plot utuh yang dipecah ke dalam beberapa episode dan cenderung berbelit-belit. Sehingga, terkadang membuat penonton merasa bosan.

Baca juga: 3 Drama Korea Terbaru yang Tayang di Awal Tahun 2019

2. Tujuan Produksi dan Penayangan yang Berbeda

Film diproduksi dan ditayangkan perdana hanya melalui bioskop saja. Walaupun setelahnya juga bisa ditayangkan di televisi dalam momen dan waktu tertentu. Sedangkan, sinetron diproduksi untuk televisi serta penayangannya hanya melalui televisi dan tidak pernah ditayangkan melalui bioskop.

3. Durasi Penayangan yang Berbeda

Sebagian besar masyarakat Indonesia sangat gemar menonton film maupun sinetron. Sehingga, terkadang mereka menginginkan durasi cerita yang cukup panjang. Sayangnya, film dan sinetron memiliki durasi penayangan yang berbeda. Film hanya memiliki durasi atau jam tayang selama kurang lebih 1 hingga 2 jam  hingga jalan cerita berakhir. Sebaliknya, sinetron memiliki durasi atau jam tayang selama 1 jam namun dengan jadwal tayang yang rutin baik perhari maupun per minggu.

4. Akting yang Berbeda

Walaupun film dan sinetron menyajikan akting dari beberapa aktor dan aktris, akan tetapi ada perbedaan di dalamnya. Dari segi akting, sinetron cenderung lebih lebay alias berlebihan. Berbeda dengan film, akting yang diperankan oleh aktor dan aktrisnya cukup detail dan lebih logis.

Baca juga: 4 Efek Negatif Film Porno Bagi Kesehatan

5. Sumber Penghasilan yang Berbeda

Membahas tentang penghasilan, tentu saja industri perfilman dapat menghasilkan pundi-pundi rupiah yang sangat banyak, tak terkecuali dalam dunia akting yakni film dan sinetron. Bedanya hanya dari segi sumber penghasilan yang didapatkan. Film mendapatkan penghasilan dari sponsor dan hasil penjualan tiket, sedangkan sinetron sumber pengahasilannya berasal dari stasiun TV yang mau menayangkan sinetron tersebut. Stasiun TV mau menayangkan dan membayar sebuah sinetron jika iklannya cukup banyak. Iklan sendiri datang apabila share dan rating sinetron tersebut cukup tinggi.

Itulah beberapa perbedaan antara film dan sinetron yang masih belum diketahui oleh banyak orang. Semoga bermanfaat ya!

Author : Eva