Perbedaan Kitab dan Suhuf

Semua umat Islam diajarkan untuk beriman kepada Nabi dan Rasul yang diutus oleh Allah SWT. Para Nabi dan Rasul diberikan wahyu untuk membimbing umat agar lebih dekat dengan Allah. Adapun wahyu-wahyu tersebut bisa berupa kitab maupun suhuf. Lantas, apa perbedaan kitab dan suhuf?

Sebelum membahas perbedaan suhuf dan kitab, alangkah baiknya kita mengetahui terlebih dahulu pengertian kedua hal tersebut.

Baca juga: 5 Perbedaan Hadas dan Najis Menurut Islam

Pengertian Kitab

Kitab Allah (Bahasa Arab: كتاب الله, Kitabullāh) adalah catatan-catatan yang difirmankan oleh Allah SWT kepada para Nabi dan Rasul yang kemudian dibukukan.

Pengertian Suhuf

Kata suhuf [الصُّحُف] secara bahasa adalah bentuk jamak dari kata shahifah [الصحيفة] , yang artinya lembaran yang bisa digunakan untuk media tulis menulis. Maka menurut ulama tafsir, Suhuf adalah firman atau wahyu Allah SWT kepada Nabi dan Rasul dalam lembaran-lembaran yang terpisah (tidak dibukukan).

Baca juga: 99 Asmaul Husna Lengkap (Bahasa Arab dan Indonesia)

Perbedaan Kitab dan Suhuf

1. Perbedaan Bentuk atau Wujud

Perbedaan kitab dan suhuf yang pertama adalah dengan mengidentifikasi bentuk atau wujud fisiknya. Bentuk dan wujud kitab pada umumnya akan lebih tebal, sedangkan suhuf lebih tipis karena masih berupa lembaran-lembaran terpisah.

2. Perbedaan Kelengkapan Selanjutnya

Perbedaan kitab dan suhuf juga dapat ditinjau dari aspek kelengkapan. Kitab tersusun/terbentuk dari lembaran-lembaran suhuf sehingga memiliki isi yang lebih lengkap. Sedangkan dalam suhuf, tidak selengkap kitab karena masih berwujud lembaran-lembaran yang terpisah.

3. Perbedaan Masa Berlaku

Kitab memiliki masa berlaku yang lebih panjang bagi umat yang menerima ajaran di dalamnya. Sedangkan suhuf memiliki masa berlaku yang lebih pendek.

4. Perbedaan Kewajiban Menyampaikannya

Nabi atau Rasul yang menerima wahyu Allah dalam bentuk kitab wajib untuk menyampaikan kepada umatnya. Sedangkan Nabi atau Rasul yang menerima wahyu Allah secara periodik tidak wajib menyampaikan ajaran tersebut kepada umatnya.