Apa perbedaan negara maju dan negara berkembang? Pertanyaan yang satu ini sering kita dengar, baik di lingkungan masyarakat, sekolah, maupun lingkup kepemerintahan. Namun, walau sering mendengar pertanyaan tersebut, apakah kita benar-benar tahu apa perbedaan dari negara maju dan negara berkembang?

negara berkembang
Photo: pexels.com

Sekadar informasi, dalam klasifikasi atau pengelompokan negara, adapun arti dari negara maju adalah negara yang memiliki standar hidup tinggi, pendidikan tinggi dan merata, teknologi canggih, perekonomian pesat dan merata, angka kemiskinan kecil, dan Sumber Daya Manusia baik. Begitupula sebaliknya, negara berkembang tidak tidak memiliki standar setinggi negara maju.

Nah, agar lebih jelas, berikut adalah beberapa perbedaan negara maju dan negara berkembang yang perlu kita ketahui, diantaranya:

Baca juga: 4 Negara ini Dijuluki Sebagai Surganya Kosmetik di Dunia, Intip Yuk!

1. Tingkat Pendapatan Negara

Hal pertama yang bisa membedakan antara negara maju dan negara berkembang adalah dari tingkat pendapatan negara itu sendiri. Adapun tingkat pendapatan negara dipengaruhi oleh berbagai macam faktor, seperti jumlah penduduk, luas wilayah, pendapatan perkapita. Jadi, jika negara yang memiliki pendapatan perkapita tinggi, maka negara tersebut adalah negara maju. Begitu juga sebaliknya, negara berkembang cenderung memiliki pendapatan perkapita yang rendah.

2. Tingkat Pengangguran

Selanjutnya, perbedaan negara maju dan berkembang juga bisa dilihat dari tingkat pengangguran rakyatnya. Negara maju umumnya memiliki tingkat pengangguran yang rendah. Sebab, di negara maju sangat banyak lapangan pekerjaan dan sumber ekonomi yang bisa dimanfaatkan. Sedangkan di negara berkembang, tingkat pengangguran cukup tinggi karena sempitnya lapangan kerja.

3. Tingkat Kemiskinan

Tingkat kemiskinan sangat memengaruhi majunya suatu negara. Ketika negara bisa mengatasi kemiskinan secara cepat dan tepat, maka negara tersebut akan menjadi negara yang maju. Begitu pula ketika suatu negara memiliki tingkat kemiskinan tinggi, maka negara tersebut akan tetap berada pada kelompok negara berkembang.

Baca juga: 6 Perbedaan Hidup di Kota dan di Desa, Kamu Pilih yang Mana?

4. Sumber Daya Manusia

Perlu diketahui juga, Sumber Daya Manusia cukup memengaruhi dalam memajukan suatu negara. Jadi, kebanyakan negara maju selalu memiliki Sumber Daya Manusia yang baik dan berkualitas. Sedangkan negara berkembang tidak memiliki Sumber Daya Manusia sebaik negara maju. Hal ini berhubungan langsung dengan tingkat pendidikan pada suatu negara.

5. Tingkat Pendidikan

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, tingkat pendidikan suatu negara sangat berperan penting dalam memajukan suatu negara. Ketika masyarakat memiliki tingkat pendidikan tinggi yang merata sesuai dengan slogan pendidikan, maka negara tersebut adalah negara yang maju. Sedangkan masyarakat di negara berkembang tidak memiliki pendidikan tinggi yang merata, alias kecil persentasenya dari jumlah keseluruhan masyarakat.

6. Tingkat Kesehatan

Selanjutnya, perbedaan negara maju dan negara berkembang juga bisa dilihat dari tingkat kesehatannya. Negara maju memiliki standar kesehatan yang baik, ditandai dengan persentase jumlah orang sakit pada negara tersebut. Selain itu, fasilitas kesehatan di negara maju juga cukup lengkap sehingga sering dijadikan rujukan atau referensi bagi negara berkembang.

Baca juga: Pengertian Demokrasi Menurut Para Ahli

7. Tingkat Kelahiran dan Kematian

Perlu diketahui, negara maju dan negara berkembang juga bisa dibedakan dari tingkat kelahiran dan kematian. Di mana pada negara maju, tingkat kelahiran dan kematian relatif rendah serta angka harapan hidup cukup tinggi. Sedangkan di negara berkembang, tingkat kelahiran dan kematian cukup tinggi dengan angka harapan hidup yang rendah.

8. Tingkat Industri dan Produksi

Pada negara maju, tingkat industri dan produksi cukup tinggi karena industrialisasi yang baik. Sedangkan pada negara berkembang, tingkat industri dan produksi cenderung rendah karena industrialisasi yang kurang merata. Dampaknya, kebutuhan industri pada negara berkembang akan lebih menopang dan bergantung pada negara maju.

Baca juga: Batas-Batas Wilayah Indonesia Lengkap

Selain itu, masih ada beberapa perbedaan negara maju dan negara berkembang, diantaranya:

  • Dari sektor pertanian, khususnya pangan.
  • Dari sektor ketergantungan pada alam.
  • Tingkat Intensitas mobilitas.
  • Sifat dan karakter penduduknya, meliputi kemandirian, percaya diri, serta kedisiplinan.
  • Etos kerja dari penduduknya.
  • Tingkat ilmu pengetahuan dan teknologi.
  • Beban tanggungan setiap penduduk.
  • Tingkat kriminalitas pada suatu negara.
  • Tingkat angka PHK atau pemecatan kerja.
  • Harapan hidup, baik di masa muda ataupun di hari tua.

Nah, itulah beberapa perbedaan negara maju dan negara berkembang. Jadi, jika kita mendengar pertanyaan “jelaskan apa perbedaan negara maju dan negara berkembang?”, sekarang kita sudah memiliki jawabannya. Semoga artikel ini bermanfaat.