Perpanjang SIM

SIM mau mati tapi bingung cara perpanjang? Tenang saja, proses perpanjang SIM tidak rumit dan tidak berbelit-belit, kok.

Ah, masak? Iya, kamu hanya membutuhkan waktu kurang lebih setengah jam saja sampai SIM baru berada dalam genggamanmu.

Nah, supaya lebih jelas, pada kesempatan kali ini Sastrawacana akan menginformasikan cara perpanjang SIM C di Sidoarjo.

Tapi ingat, kamu harus segera memperpanjang SIM sebelum masa berlakunya habis ya. Sebab kalau lebih dari masa berlaku, maka kamu harus buat SIM baru.

Proses Perpanjang SIM

Sebagai warga Negara yang baik, kamu harus memiliki identitas dan surat-surat yang telah diatur oleh Negara, salah satunya adalah SIM.

Tidak hanya sebagai izin mengemudi saja, SIM juga merupakan data registrasi yang memuat identitas diri sehingga kepolisian dan Negara bisa mendata masyarakat dengan mudah.

Baca juga: 7 Contoh Soft Skill yang Harus Dimiliki Milenial Saat ini

Tempat Perpanjang SIM di Sidoarjo

Nah, untuk proses perpanjang SIM C di Sidoarjo, kamu bisa datang langsung ke SIM Corner, SIM Keliling atau ke Polres yang beralamatkan di Jalan R. A. Kartini No. 88, Sidokumpul, Sidoarjo.

SIM Corner di Sidoarjo yang biasanya dituju oleh masyarakat setempat adalah di Sun City Mall, Lantai 2. Kalau bingung, kamu bisa tanya security yang bertugas di sana.

Tapi jika KTP berdomisili di luar kota, alias kamu adalah anak rantau, maka sebaiknya perpanjang SIM di Polres, ya!

Syarat-Syarat Perpanjang SIM

Syarat perpanjang SIM tidak rumit, kok. Berikut diantaranya:

1. Fotokopi SIM dan KTP

Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah fotokopi SIM dan KTP. Kalau bisa fotokopi di rumah atau sebelum berangkat.

Sebab kalau fotokopi di area pembuatan SIM, pasti antre. Jadi siapkan fotokopinya terlebih dahulu. Tidak usah banyak-banyak, cukup masing-masing dua lembar saja.

2. Tes Kesehatan

Selanjutnya, setelah mendatangi tempat perpanjang SIM, kamu akan melakukan tes kesehatan.

Tenang saja, tesnya tidak esktrem, kok. Kamu akan ditanya tinggi badan, berat badan, dan ditensi tekanan darah. Selanjutnya, kamu akan disuruh membaca huruf tokek (tes buta warna).

Apakah pakai kacamata bisa? Tentu saja bisa, nanti kamu akan ditanya minus berapa. Tapi ini tidak mengurangi penilaian, jadi tenang saja.

Nanti ada biaya tes kesehatan sebesar Rp30.000,- dan biaya asuransi sebesar Rp30.000,- saja.

3. Melakukan Pendaftaran Via Online

Setibanya di loket pendaftaran, kamu akan diajarkan untuk melakukan pendaftaran via online dengan mengunduh aplikasinya terlebih dahulu di Play Store.

Aplikasinya adalah E-SIM Sidoarjo.

Bagi kaum milenal, kamu sudah ahli dalam hal ini. Jadi pasti prosesnya mudah. Ya, kan?

Cara pendaftaran sangat mudah, ada beberapa data yang harus diisi dengan benar, seperti nama lengkap, no KTP, status (perpanjang/buat baru), alamat, agama, golongan darah, pekerjaan, email, dan sebagainya.

Kamu hanya perlu mengisi semuanya dengan benar lalu klik simpan pada kotak paling bawah.

Pada proses ini kita perlu memberi apresiasi dan ucapan terima kasih kepada Polres Sidoarjo atas inovasinya yang memanfaatkan teknologi untuk memudahkan masyarakat dalam memperpanjang SIM.

Atas inovasi penggunaan aplikasi E-SIM Sidoarjo, masyarakat yang ingin memperpanjang atau membuat SIM baru tidak perlu antre panjang lagi. Selain itu, petugas pun tidak kewalahan mendata orang satu persatu.

4. Melakukan Pembayaran

Setelah selesai mengisi data dengan lengkap, maka kamu akan diarahkan ke loket pembayaran. Di sana ada mbak-mbak cantik yang sudah menunggumu.

Untuk biaya perpanjang SIM C adalah sebesar Rp75.000,- saja. Cukup terjangkau, kan?

Setelah melakukan pembayaran, maka kamu akan diarahkan ke loket selanjutnya untuk dimasukkan ke dalam daftar antrean foto.

5. Melakukan Foto SIM dan Sidik Jari

Ini adalah proses terakhir, kamu hanya perlu bersabar dan menunggu. Waktu menunggu ditentukan dari jumlah orang yang antre. Jadi, jika sepi maka akan semakin cepat.

Setelah dipanggil ke ruangan, kamu akan disuruh untuk sidik jari dan foto. Pelayanannya super ramah. Kamu akan ditawarkan untuk foto ulang jika dirasa foto kurang pas atau kurang tampan.

Sampai akhirnya kamu puas dengan hasil foto, maka kamu dipersilakan untuk menunggu. Tidak butuh waktu lama, kamu akan dipanggil untuk menerima SIM baru.

Nah, itulah proses perpanjang SIM di Polres Sidoarjo. Cepat dan mudah, kan?

Semoga artikel ini bermanfaat dan jangan lupa untuk membaca artikel lainnya hanya di Sastrawacana.