Perpustakaan adalah fasilitas wajib bagi setiap institusi pendidikan dari semua jenjang, mulai dari Sekolah Dasar sampai Perguruan Tinggi. Hal tersebut dikarenakan perpustakaan adalah tempat terbaik untuk mencari referensi dan menambah pengetahuan di luar kelas.

Kendati demikian, tidak sedikit pelajar yang menganggap perpustakaan sebagai ruang yang membosankan. Maka dari itu, penting kiranya untuk merombak perpustakaan agar setiap siswa ataupun mahasiswa betah berlama-lama di perpustakaan.

Hal ini sudah dilakukan oleh beberapa kampus di dunia. Terbukti, perpustakaan yang dikonsep semenarik mungkin memang bisa membuat mahasiswa betah sehingga minat membaca pun semakin tinggi.

Nah, penasaran dengan kampus yang punya perpustakaan cantik? Yuk simak informasi lengkapnya di bawah ini.

Baca juga: 11 Situs Jurnal Internasional Gratis untuk Mahasiswa

1. Philological Library, Free University of Berlin

Philological Library, Free University of Berlin
photo: archdaily.com

Philological Library adalah gabungan dari beberapa perpustakaan kecil dengan koleksi manuskrip dari segala bidang, mulai dari sejarah Yunani kuno dan modern, filsafat, sastra, antropologi, dan masih banyak lagi. Perpustakaan milik University of Berlin ini memiliki desain yang sangat cantik, tidak seperti perpustakaan pada umumnya. Jika dilihat dari atas, bentuknya menyerupai otak manusia. Sedangkan di dalam, ada banyak ornamen yang akan membuat mahasiswa semakin betah. Sang pendesain adalah seorang arsitek ternama yaitu Norman Foster.

2. Beinecke Rare Book & Manuscript Library, Yale University

Beinecke Rare Book & Manuscript Library, Yale University
photo: designlimitededition.com

Beinecke Rare Book & Manuscript Library adalah salah satu perpustakaan paling keren yang dimiliki oleh Yale University, Amerika Serikat. Dari dalam, terlihat perpustakaan ini memiliki desain yang sangat mewah lengkap dengan koleksi arsip, manuskrip, dan buku-buku langka. Jika diamati, desain perpustakaan ini layaknya tempat hiburan sehingga tidak akan membuat pengunjung bosan.

Baca juga: 7 Jurusan Kuliah Untuk Kamu yang Hobi Traveling

3. Magdalen College Old Library, Oxford University

Magdalen College Old Library, Oxford University
photo: pinterest

Sebagai universitas terkemuka di dunia, Oxford juga memiliki perpustakaan yang tak kalah menarik. Perpustakaan ini juga dikenal sebagai permata mahkota perpustakaan dunia karena memiliki 11 juta buku dan puluhan ribu buku langka. Dengan jumlah buku sebanyak itu, perpustakaan ini didesain dengan bentuk yang unik dan penataannya sangat rapi.

4. Tama Art University Library

Tama Art University Library
photo: flickr

Perpustakaan yang berada di Jepang ini juga masuk dalam kategori perpustakaan paling bagus di dunia. Sang perancang desain, Toyo Ito menyulap perpustakaan ini menjadi sangat estetik. Paduan batu dan dikelilingi kaca transparan bisa memberikan sensasi berbeda. Selain itu, rak-rak bukunya dibikin melingkar sehingga tempat ini juga memiliki beberapa spot foto keren.

Baca juga: 5 Jurusan Kuliah Paling Aneh Tapi Banyak Peminatnya

5. Harry Elkins Widener Memorial Library, Harvard University

Harry Elkins Widener Memorial Library, Harvard University
photo: line today

Harry Elkins Widener Memorial Library merupakan perpustakaan dengan histori yang cukup terkenal. Pembangunannya pun merupakan hadiah dari Eleanor Elkins Widener sebagai Peringatan Harry Elkins Widener, bibliophile (orang yang mencintai buku) muda yang tewas di kapal Titanic.

6. Klarchek Information Commons, Loyola University

Klarchek Information Commons, Loyola University
photo: discoverdesign.org

Perpustakaan yang berada di Loyola University, Amerika Serikat ini menjadi salah satu perpustakaan dengan pemandangan terbaik karena berada di sekitaran danau Michigan. Perpustakaan ini dikelilingi oleh kaca-kaca besar yang transparan sehingga pemandangan danau dengan jelas dapat terlihat. Alhasil, Klarchek Information Commons ini menjadi tempat belajar yang menyenangkan.

Baca juga: 7 Tokoh Dunia yang Pernah Putus Sekolah

7. James B. Hunt Jr. Library, North Carolina State University

James B. Hunt Jr. Library, North Carolina State University
photo: pinterest

James B. Hunt Jr. Library adalah universitas dengan desain dan dekorasi yang cantik. Selain itu, perpustakaan ini juga terkenal ramah lingkungan karena sebagian materialnya dibuat menggunakan barang bekas dan menggunakan teknologi untuk menghemat penggunaan energi. Selain itu, disediakan juga beberapa sofa warna-warni yang membuat mahasiswa semakin nyaman untuk membaca buku.

Nah, itulah beberapa perpustakaan mewah di dunia yang dimiliki oleh Universitas. Bagaimana? Menarik, bukan?