PT Pertamina (Persero) gelontorkan donasi sebesar 10 miliar untuk pembangunan gedung Integrated Teaching Laboratory and Workshop FTUI yang berlokasi di kampus UI Depok. Bantuan ini merupakan sebuah bentuk implementasi kerja sama antara UI dan Pertamina yang telah terjalin selama 30 tahun.

Secara simbolis, donasi tersebut diserahkan oleh Corporate Secretary PT Pertamina (Persero), Tajudin Noor kepada Dekan FTUI, Hendri D.S. Budiono pada Kamis, 25 Juni 2020, di FTUI, Depok.

“Bantuan ini diharapkan bisa membantu penyediaan fasilitas riset yang memadai di FTUI, untuk melahirkan hasil penelitian yang mendukung kemajuan bangsa terutama dalam upaya mewujudkan ketahanan dan kemandirian energi nasional. UI merupakan mitra strategis Pertamina dalam melakukan kajian dan penelitian untuk pengembangan produk-produk unggulan nasional. Hasil penelitian ini nantinya akan dikembangkan Pertamina agar lebih aplikatif terutama dalam mengembangkan industri migas dari hulu hingga hilir,” ujar Tajudin.

Pihak kampus mengatakan sepenuhnya dana sumbangan tersebut akan difokuskan pada pembangunan gedung Integrated Teaching Laboratory and Workshop. Gedung ini mengusung teknologi smart and green building yang ramah lingkungan dengan pengelolaan energi pencahayaan, sirkulasi udara, serta menerapkan teknologi water harvesting.

“Donasi dari PT Pertamina (Persero) akan difokuskan pada area lantai 2 dan area laboratorium pendidikan lantai 8 dari gedung Integrated Teaching Laboratory and Workshop FTUI. Lantai 2 merupakan area pameran dan co-working space bagi para peneliti maupun mahasiswa FTUI untuk dapat menampilkan prototipe dan hasil penelitiannya kepada sivitas akademika UI dan masyarakat umum. Sedangkan di lantai 8 akan menjadi laboratorium pendidikan kimia dasar dan biomedik,” kata Hendri.