Sastrawacana– Pidato adalah sebuah kegiatan atau aktivitas berbicara di muka umum untuk menyampaikan pendapat, argumen, gagasan, serta ide.

Biasanya, teks pidato berisi gambaran umum tentang permasalahan yang sedang terjadi di masyarakat.

Kemudian, sang orator (pembaca pidato) akan mengemukakan pendapat serta memberikan solusi untuk menangani masalah tersebut.

Pidato sendiri tergolong dalam berbagai jenis dan tema, mulai dari pidato pendidikan, pidato keagamaan, pidato budaya, pidato kesehatan, hingga pidato politik.

Nah, untuk lebih jelasnya, berikut adalah contoh teks pidato motivasi dan perjuangan terbaru 2019.  Mari disimak!

Asalamualaikum Wr. Wb.

Salam sejahtera untuk kita semua.

Yang saya hormati, Rektor Universitas Harapan Bangsa, Para Dosen, serta teman-teman sastra Indonesia yang berbahagia. Terima kasih telah memberikan kesempatan kepada saya untuk menyampaikan beberapa motivasi hidup untuk anda.

Pertama-tama, marilah kita panjatkan rasa syukur atas kehadirat Allah SWT yang telah memberikan kesempatan kepada kita sehingga kita bisa hadir pada pertemuan kali ini.

Tak lupa juga kita haturkan salawat dan salam kepada junjungan kita, Nabi Muhammad SAW karna beliaulah yang menuntun kita menuju ke zaman kebaikan.

Selamat datang para pemenang..

Kita adalah manusia terpilih, kenapa saya katakan demikian? Sekarang coba renungkan. Dari berjuta-juta sel sperma dari ayah Anda, hanya 1 sel sperma yang mampu membuahi sel telur ibu Anda.

Dan 1 sel itu adalah kita. Kenapa harus kita? Apakah berarti kita adalah yang terbaik dari lainnya? Lantas, apa hal terbaik yang pernah kita lakukan selama ini? Tak ada jawaban lain selain, we are the winner.

Ya, kita adalah pemenang.

Hidup ini adalah perjuangan. Sadarkah anda, kita sudah memulai perjuangan semenjak masih menjadi sel sperma? Kita berjuang menjadi satu sel yang terbaik daripada lainnya. Dan itu adalah satu hal terbaik yang kita pernah lakukan.

Walaupun demikian, kemenangan hari ini bukan berarti kemenangan esok hari. Tidak ada yang jatuh dari langit dengan cuma-cuma. Semua berasal dari usaha dan doa. Seperti yang saya bilang tadi, hidup adalah perjuangan tanpa henti-henti, usah anda menangisi hari kemarin.

Bapak, Ibu, dan teman-teman yang berbahagia.

Kita tidak pernah tahu bagaimana hari esok, yang bisa kita lakukan adalah berbuat sebaik-baiknya dan berbahagia hari ini.

Tak ada rahasia untuk menggapai sukses. Sukses itu dapat terjadi karena persiapan, kerja keras dan mau belajar dari kegagalan. Orang-orang yang sukses telah belajar membuat diri mereka melakukan hal yang harus dikerjakan ketika hal itu memang harus dikerjakan, entah mereka menyukainya atau tidak.

Oleh karna itu, cara untuk menjadi di depan adalah memulai sekarang. Jika memulai sekarang, tahun depan Anda akan tahu banyak hal yang sekarang tidak diketahui, dan Anda tidak akan mengetahui masa depan jika Anda menunggu.

Kegagalan dapat disebabkan oleh dua hal. Yakni orang yang berpikir tapi tidak pernah bertindak dan orang yang bertindak tapi tidak pernah berpikir.

Maka dari itu, belajarlah dari kegagalan untuk mencapai tujuan yang sama dengan sebelumnya namun lakukan dengan cara yang berbeda.

Tapi seandainya anda tidak memiliki pengalaman kegagalan, belajarlah dari kegagalan-kegagalan orang lain, karna Anda tak dapat hidup cukup lama untuk melakukan semua kegagalan itu sendiri.

Demikian pidato singkat dari saya kali ini. Saya berharap kita menjadi manusia yang memiliki kerja keras dan semangat yang tinggi.

Apabila ada kesalahan dalam penyampaian, saya mohon maaf. Atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih.

Wassalamualaikum Wr. Wb.