Indonesia adalah salah satu negara yang kebanyakan masyarakatnya masih mempercayai hal-hal berbau mistis. Buktinya, banyak benda pusaka yang masih dipercaya oleh masyarakat Indonesia, salah satunya adalah pring petuk.

Pring Petuk

pring petuk asli
photo: pusakadunia

Tahukah kamu apa itu pring petuk?

Jadi, pring petuk adalah sebuah bambu yang berbeda dari bambu pada umumnya karena terdapat anomali yang unik, yaitu bertemunya dua ruas dalam arah berlawanan. Dari segi bahasa, pring adalah bambu, sedangkan petuk adalah bertemu. Sehingga secara sederhana, pring petuk bisa diartikan sebagai bambu yang ruasnya saling bertemu/berhadapan satu sama lain.

Fenomena pring petuk bukan hal yang baru di Indonesia. Bahkan, kabarnya benda pusaka ini sudah dipercaya sejak ratusan tahun lalu. Ini adalah sebuah bukti konsistensi masyarakat Nusantara yang masih memegang tradisi lama hingga sekarang.

Padahal, untuk mendapatakan pring petuk tidak semudah membalikkan telapak tangan. Ada risiko yang harus ditanggung sehingga tidak semua orang bisa mendapatkannya. Konon, sebelum mengambil pring petuk, seseorang harus melakukan negosiasi terlebih dahulu dengan makhluk halus yang menjaga bambu itu.

Proses negosiasi tidak selalu berjalan lancar. Kadang ada sedikit kendala yang menyebabkan penghuni bambu itu murka sehingga harus menyerang orang yang mencoba mengambil pring petuk. Sehingga tidak sembarang orang bisa mengambil benda pusaka yang satu ini.

Baca juga: 9 Mitos Tentang Kucing, Nomor 4 Menyeramkan!

Khasiat dan Manfaat Pring Petuk

bambu petuk
twitter/aanpringpetuk

Apa Fungsi dan Kegunaan Pring Petuk?

Konon katanya, khasiat pring petuk bisa membuat pemiliknya kaya raya karena benda pusaka ini bisa menjadi pelaris dan penarik rezeki. Entah darimana dasarnya, yang jelas teori ini masih dipercaya dan katanya sudah terbukti. Oleh karenanya, tak heran jika banyak orang yang mencari pring petuk asli karena bisa digunakan sebagai jimat atau benda pusaka.

Harga Pring Petuk

pring pethuk
photo: jitunews

Berapa harga pring pethuk?

Tidak sedikit pula yang memanfaatkan fenomena ini sebagai sebuah ladang bisnis karena harga pring petuk asli memang cukup tinggi. Harganya bervarian dilihat dari jenisnya. Dimulai dari jutaan hingga ratusan juta. Bahkan, ada yang harganya menembus angka miliar! Sangat fantastis.

Dari tingginya harga tersebut, bermunculan oknum-oknum yang membuat dan menjual pring petuk palsu. Di antara ruas bambu petuk asli dihuni oleh makhluk halus. Sedangkan yang palsu, biasanya disambung menggunakan lem dan material lainnya untuk mengelabui. Sehingga saat diuji oleh paranormal, pring petuk palsu tidak akan bereaksi karena tidak dihuni oleh makhluk halus.

Baca juga: 8 Benda ini Katanya Bikin Sial, Hoax Atau Fakta?

Filosofi Pring Petuk

filosofi pring petuk
photo: pexels

Apa filosofi pring petuk?

Di samping menyimpan unsur mistis, pring petuk juga memiliki filosofi yang tinggi. Bambu ini merupakan salah satu bambu yang cukup sulit pertumbuhannya, alias sedikit lambat. Namun, meskipun tumbuhnya lambat, bambu petuk memiliki akar yang sangat kuat sehingga tidak mudah dirobohkan.

Baca juga: Filosofi Semar, Tokoh Wayang dalam Kebudayaan Jawa

Ini dijadikan dasar filosofi pring petuk yang dikaitkan dengan rezeki. Yang mana, dengan menyimpan pring petuk, maka rezeki seseorang akan kuat layaknya akar pring petuk yang tak goyah meski diterpa angin kencang.

Memang fenomena pring petuk ini masih dianggap sebagai sebuah mitos. Percaya atau tidak dikembalikan kepada pribadi masing-masing. Yang jelas, mereka punya alasan sendiri kenapa percaya dengan pring petuk sampai rela membeli dengan harga yang tinggi.