Psikotes Online

Psikotes atau tes psikologi adalah sebuah kegiatan tes, ujicoba, serta ujian bagi setiap kandidat dalam proses seleksi kerja.

Walau sifatnya tidak wajib, tapi hampir semua perusahaan sering mengadakan psikotes dalam proses perekrutan.

Hal tersebut bertujuan agar pihak perusahaan mengetahui bagaimana karakter dan sifat dari para pelamar sehingga tim penyeleksi (perusahaan) bisa memilih kandidat yang memang sesuai dengan kebutuhan perusahaan.

Dari berbagai kasus terjadi, kebanyakan kandidat gagal dalam menjalani psikotes. Sebab, psikotes sendiri dapat dibilang sebagai tes yang cukup rumit.

Adapun soal yang harus diselesaikan mulai dari tes logika, hitung-hitungan, pauli, aritmatika, menggambar, dan masih banyak lagi.

Baca juga: 10 Situs Lowongan Kerja Terpercaya di Indonesia untuk Jobseeker

Nah, apakah kamu juga pernah mengalami kegagalan ketika melakukan psikotes? Kalau benar, maka kamu tidak perlu berkecil hati dan harus mencoba lagi.

Situs Psikotes Online Terbaik

Selain itu, Sastrawacana juga telah merangkum beberapa situs psikotes online yang bisa kamu gunakan untuk latihan sebelum melakukan psikotes online yang sesungguhnya.

1. Psikotes

uji psikotes
psikotes.web.id

Situs psikotes online pertama adalah psikotes.web.id yang bisa kamu akses secara gratis. Di situs ini, kamu bisa mencoba berbagai jenis tes psikotes mulai dari tes keakuratan, tes analogi, kemampuan sains, dan masih banyak lagi. Nah, daripada penasaran mending langsung kunjungi situsnya, ya!

2. Cognitive Fun

tes kognitif online
cognitivefun.net

Tes psikotes online selanjutnya adalah Cognitive Fun. Di dalam situs ini, ada banyak jenis psikotes yang bisa kamu coba secara gratis. Selain menambah wawasan, konsep dari situs ini juga sangat menyenangkan sehingga kamu tidak akan merasa bosan.

3. Psikotesyuk

psikotesyuk psikotesyuk psikotesyuk

Tes psikotes online yang satu ini bisa dibilang cukup lengkap karena di dalamnya ada begitu banyak jenis tes yang bisa kamu coba satu persatu. Adapun beberapa jenis tes tersebut seperti tes keakuratan, tes logika, tes analogi, tes bahasa, sampai tes aritmatika.

4. BBC’s Tests

latihan psikotes
BBC

Mungkin selama ini kamu mengetahui BBC adalah sebagai media online yang berisi informasi dan berita, bukan? Namun jangan salah, ternyata BBC juga menyediakan tools yang bisa kamu gunakan untuk latihan psikotes online. Ada banyak jenis tes di sana yang bisa kamu coba secara gratis.

5. Tips CV

situs psikotes online
tipscv.com

Kalau situs psikotes online yang satu ini tidak hanya menyediakan tools latihan saja, tapi juga memberikan beragam informasi dunia kerja yang tentunya up to date. Jadi, selain bisa digunakan untuk melatih kemampuanmu, TipsCV juga bisa menambah pengetahuanmu seputar dunia kerja saat ini.

Baca juga: 5 Cara Menulis Amplop Lamaran Kerja yang Baik dan Benar

6. GG Karir

psikotes online ggkarir

GGKarir adalah situs lowongan kerja. Namun, selain menyediakan informasi lowongan kerja, situs ini juga memiliki fitur tes psikotes online yang bisa kamu gunakan secara gratis. Jadi bisa dibilang paket komplit, sembari mencari kerja, juga bisa digunakan untuk latihan psikotes.

7. Face Research

psikotes online faceresearch
faceresearch.org

Yang terakhir adalah Face Research. Di situs psikotes online yang satu ini kamu akan menemukan beberapa jenis latihan psikotes yang berkenaan dengan daya ingat, logika, dan analogi. Jadi sangat cocok digunakan untuk melatih kemampuan otak.

8. Proprofs

psikotes online proprofs
Proprofs.com

Situs psikotes online yang terakhir adalah Proprofs. Situs ini terbilang sebagai situs tes psikotes online terlengkap karena menyediakan berbagai macam fitur di dalamnya, mulai dari latihan dan kuis yang tersedia dengan beberapa bahasa.

Lebih dari itu, Proprofs juga menyediakan permainan yang bisa mengasah otak. Penasaran? Coba aja!

Baca juga: 5 Cara Menjadi Freelancer Sukses Hanya Dalam Hitungan Hari

Nah, itulah 8 situs psikotes online yang bisa kamu coba tanpa mengeluarkan uang, alias gratis. Selamat mencoba, ya!