Akan terasa sangat menyenangkan ketika dikelilingi oleh sahabat yang baik hati dan mau menemani kita di kala senang maupun susah.

Sahabat yang asik, suka bercanda, rame, dan gak jaim, pasti akan membuat hidup terasa lebih berwarna.

Tapi, tidak semua orang punya sifat seperti itu. Sebab, ada banyak tipe orang di dunia ini, salah satunya adalah tipe orang pemalu.

Baca juga: Teman Kerja Suka Cari Muka? Begini Cara Mengatasinya

Tips Menghadapi Teman Pemalu

Apa tipe orang pemalu bisa dijadikan sahabat? Kalaupun bisa, bagaimana caranya? Nah, berikut adalah kunci sukses bersahabat dengan orang pemalu, diantaranya:

1. Harus Ekstra Sabar

Orang pemalu biasanya tidak mudah mengeluarkan suara. Mereka cenderung lebih diam dan menunggu orang lain memulai pembicaraan terlebih dahulu.

Oleh karenanya, kamu harus ekstra sabar ya. Mereka seperti itu karena masih belum nyaman dan belum percaya dengan orang lain, termasuk kamu.

Jadi, tetap berusaha untuk membuatnya bisa percaya padamu.

2. Berikan Pujian

Tipe orang pemalu terkadang juga suka menerima pujian. Sesekali berikan pujian padanya agar tingkat kepercayaan dirinya semakin tinggi.

Tapi, ingat. Memuji sewajarnya saja dan jangan terlalu berlebihan. Bukannya senang, mereka justru akan merasa risih di dekatmu ketika terlalu sering memujinya.

Baca juga: Teman Kerja Suka Cari Muka? Begini Cara Mengatasinya

3. Yakinkan Dirimu Sendiri Bahwa Dia Bisa Jadi Sahabat yang Asik

Banyak orang yang lebih memilih untuk tidak bersahabat dengan tipe orang pemalu. Alasannya karena mereka tidak asik untuk dijadikan sahabat.

Sebaiknya, kamu harus membuang jauh-jauh pikiran itu. Sebaliknya, kamu harus bisa yakinkan dirimu sendiri bahwa tipe orang pemalu juga bisa dijadikan sebagai sahabat yang asik.

4. Beri Dia Dukungan

Tipe orang pemalu biasanya disebabkan oleh rasa tidak percaya dengan kemampuan yang mereka sendiri.

Mereka juga merasa tidak percaya diri untuk menunjukkan kemampuan mereka.

Sebagai orang yang memiliki sahabat pemalu, kamu harus bisa memberinya dukungan agar ia merasa nyaman dan percaya bahwa mereka mampu dan bisa melewatinya dengan baik.

5. Menjaga Kepercayaannya

Tidak mudah mendapatkan kepercayaan dari orang pemalu. Saat kamu sudah mendapatkannya, cobalah untuk selalu menjaga kepercayaannya.

Jangan sampai kamu menceritakan semua rahasia yang sudah ia ceritakan padamu ke orang lain.

Jika kamu melakukannya, percayalah, kamu tidak akan pernah mendapatkan kepercayaan darinya lagi.

Nah, itulah beberapa tips yang bisa kamu lakukan saat bersahabat dengan orang pemalu. Selamat mencoba, ya!

Author  : Eva
Editor   : Maulana Affandi