Hidup dan Mati

Setiap orang di dunia pasti mengalami yang namanya tutup usia, alias mati. Sebab, sejatinya dunia ini adalah kehidupan yang fana atau sementara.

Ibaratnya sedang jalan-jalan, tujuan terakhir kita adalah akhirat sehingga dunia ini hanyalah persinggahan belaka.

Jadi, persiapkan bekal sebanyak mungkin agar kita bisa sampai ke tujuan dengan selamat.

Nah, dengan memahami konsep itu, alangkah baiknya jika kita bisa menerima keputusan-Nya dengan hati yang ikhlas.

Termasuk ketika orang-orang yang kita cintai telah meninggalkan dunia ini terlebih dahulu, khususnya orang tua.

Sedih itu wajar dan manusiawi. Ditinggal pacar saja cukup menyayat hati, apalagi ditinggal oleh orang tua untuk selamanya.

Jangan menangis terus, tidak baik juga jika kita berlarut-larut dalam kesedihan karena akan merugikan diri sendiri, misalnya kesehatan. Lebih baik ikhlaskan saja segala ketentuan Tuhan.

Baca juga: Puisi Ibu (Rindu)

Kangen Orang Tua yang Sudah Meninggal

Lantas, bagaimana mengatasi rindu dengan orang tua yang sudah meninggal? Ketika rindu itu muncul, ada beberapa cara yang bisa kita lakukan, diantaranya:

1. Mengirim Doa

Hal pertama yang harus kita lakukan adalah mendoakan orang tua yang sudah meninggal. Jangan menunggu rindu, tapi usahakan untuk mendoakannya sesering mungkin.

Sebab hanya itulah cara yang bisa kita lakukan untuk berkomunikasi dengannya melalui batin.

2. Ziarah ke Makan Orang Tua

Luangkanlah waktu untuk ziarah ke makam orang tua. Sempatkan diri untuk pergi ke makan, walau hanya sebentar.

Di situ kita bisa melakukan kegiatan positif, misalnya membersihkan makam dari tumbuhan liar atau memperbaiki batu nisan yang sudah usang.

3. Berkumpul dengan Saudara

Ketika rindu tiba-tiba datang dan menumpuk di dada, alangkah baiknya kamu menemui saudara. Mungkin ini adalah isyarat bahwa orang tuamu di alam sana ingin melihat anak-anaknya akur.

Cobalah untuk berbagi kesedihan ataupun kebahagiaan kepada saudara. Ketika ada konflik, segera selesaikan. Jangan sampai ada hal-hal kecil yang merusak hubungan persaudaraan.

4. Bersedekah

Jika kita diberi kelebihan rezeki oleh Allah S.W.T, ingatlah ada hak orang lain dalam rezeki kita yang harus diberikan.

Jangan lupa untuk bersedekah. Niatkah sedekah itu untuk orang tua. Misalnya memberi santunan anak yatim atau hal lain yang bermanfaat.

5. Membuka Kenangan Lama

Kita juga bisa membuka kenangan lama untuk mengobati rasa rindu, misalnya melihat album foto. Kita bisa melihat betapa bahagianya memiliki orang tua yang sangat sayang kepada kita.

6. Meluapkan Kerinduan dengan Karya

Kita juga bisa meluapkan kerinduan menjadi sebuah karya, misalnya lagu ataupun puisi. Ketahuilah, karya yang baik adalah yang berasal dari hati.

Mungkin saja, puisi tentang ibu yang kita tulis di kala rindu, bisa menjadi puisi yang sangat bagus dan sarat akan makna kerinduan.

Nah, itulah beberapa cara yang bisa kita gunakan untuk mengobati rasa rindu kepada orang tua yang sudah meninggal. Ingatlah, walau raga tak lagi ada, tapi cinta akan terus bersemayam selamanya.