Memiliki rumah yang cantik dan tampak modern adalah impian dari setiap orang. Sebab, rumah yang dirancang dengan apik bisa meningkatkan kenyamanan untuk beristirahat dan bertempat tinggal. Namun, bayang-bayang anggaran yang fantastis kerap membuat kebanyakan orang berpikir dua kali untuk membangun atau merenovasi rumahnya.

Padahal, memiliki rumah modern tidak selalu membutuhkan biaya banyak. Ada segudang cara untuk menekan anggaran guna mendapat rumah modern, salah satunya adalah membangun rumah minimalis. Saat ini, banyak media informasi yang membagikan gambar dan desain rumah minimalis secara gratis sehingga kita cukup mudah untuk mencari referensi.

rumah modern

Misalnya dari media internet atau sosial media, ada ratusan bahkan ribuan konsep serta desain rumah minimalis yang bisa kita jadikan referensi. Kadang ada pula yang memberikan informasi lengkap dengan RAB (Rencana Anggaran Biaya) sehingga kita bisa menghitung estimasi biaya yang harus dikeluarkan untuk membangun atau merenovasi rumah kita.

Nah, setelah mendapatkan referensi rumah modern, ada baiknya kita memperhatikan beberapa hal berikut ini sebelum memulai membangun rumah. Sebab, tidak sedikit yang proyeknya mangkrak alias tidak selesai karena perhitungan yang kurang tepat. Untuk menghindarinya, perhatikan beberapa langkah-langkah berikut ini.

Baca juga: 5 Ide Dekorasi ini Akan Menyulap Kamar Tidurmu Jadi Lebih Cantik

1. Menghitung Estimasi Biaya

rumah minimalis

Hal pertama yang harus diperhatikan sebelum membangun rumah adalah menghitung estimasi biaya yang harus dikeluarkan. Jangan sampai budget atau biayanya melebihi isi kantong karena bisa tekor. Usahakan untuk mencari referensi rumah dengan biaya sesuai modal yang kita miliki.

Estimasi biaya bukan hanya untuk bahan material saja, tapi juga upah jasa tukang atau pekerja. Kita harus merencanakan sebaik mungkin, ingin mempekerjakan berapa orang untuk menggarap rumah kita. Tujuannya agar bisa memprediksi atau menghitung anggaran yang dikeluarkan untuk membayar upah tukang.

Jika dirasa terlalu pusing memikirkannya secara detail, kita bisa berdiskusi terlebih dahulu dengan kontraktor atau pemborong yang sudah ahli dalam bidangnya. Dalam diskusi itu, jangan sungkan untuk menyampaikan bahwa dana yang kita miliki cukup minim.

2. Perhatikan Ukuran Tanah

arsitek-1

Memperhatikan ukuran tanah juga penting sebelum membangun rumah baru. Kadang konsep yang tersebar di media internet tidak sesuai dengan ukuran tanah yang kita miliki. Akibatnya, anggaran yang sudah diperhitungkan tiba-tiba membludak karena perhitungan yang kurang tepat.

Kita harus benar-benar jeli dalam melihat ukuran sebab selain bisa menambah biaya, juga bisa merubah pola rumah sehingga tidak sesuai dengan yang kita harapkan. Jadi, perhatikan referensi rumah dengan ukuran tanah sebaik mungkin agar tidak muncul penyesalan di kemudian hari.

3. Mencicil Bahan Material

bahan material

Mencicil bahan material adalah salah satu tips yang sering digunakan oleh banyak orang sebelum membangun rumahnya. Sebab bukan rahasia lagi jika saat ini harga bahan material sudah melambung tinggi sehingga terasa berat jika kita langsung membelinya dalam satu waktu.

Jangan terburu-buru, alangkah baiknya kita mencicil bahan material minimal enam bulan atau setahun sebelum membangun rumah. Misalnya mencicil batu bata, genteng, besi, dan sebagainya. Hal ini bisa membuat beban kita semakin ringan.

Bahkan jika kita ingin bersabar lebih lama, nantinya pada saat bahan material sudah terkumpul, kita hanya perlu memikirkan upah pekerja saja, tanpa perlu memikirkan biaya material lagi. Cukup ringan, bukan?

4. Dekorasi Rumah

dekorasi rumah

Dekorasi rumah merupakan salah satu trik untuk mempercantik tampilan rumah, dari dalam maupun luar. Ada segudang dekorasi yang bisa kita gunakan, sesuai dengan selera. Trik yang satu ini memang benar-benar nyata hasilnya.

Tidak sedikit orang yang menekan pengeluaran dengan mengganti bahan material menggunakan dekorasi. Misalnya pada bagian dinding, ada banyak dekorasi tempelan yang bisa kita gunakan. Daripada harus menggunakan batu alam yang harganya relatif mahal, maka kita bisa menggunakan dekorasi tersebut yang tentu saja harganya cukup terjangkau.

5. Membangun Secara Bertahap

arsitek

Cara ini bisa kita gunakan ketika biaya yang dimiliki tidak cukup untuk membangun rumah dalam satu waktu. Membangun rumah secara bertahap adalah sebuah solusi klasik, namun masih efektif digunakan saat ini.

Kita bisa menentukan sendiri, ingin bertahap berapa lama, misalnya dua tahun, tiga tahun, atau lebih dari itu. Tidak perlu memikirkan gengsi, yang penting rumah kita siap huni. Lambat laun, rumah modern yang sebelumnya impian akan menjadi kenyataan.

Nah, itulah beberapa tips membangun atau merenovasi rumah modern minimalis agar bisa menekan biaya. Semoga artikel ini bermanfaat dan jangan lupa untuk membaca artikel lainnya hanya di Sastrawacana.