Setelah lulus SMA, kebanyakan siswa akan melanjutkan pendidikan ke Perguruan Tinggi jika memiliki keinginan dan kemampuan finansial. Namun, kadang keinginan tersebut tidak berhasil mulus.

Pasalnya, tidak sedikit orang yang merasa salah pilih jurusan sehingga proses kuliah menjadi tidak lancar.

Ketika penyesalan mulai muncul karena merasa salah pilih jurusan, maka rasa tak nyaman pun akan dialami. Mulai dari tak nyaman belajar, tak nyaman pergi ke kampus, bahkan rasa ingin berhenti kuliah sangat besar.

Apakah kamu merasakan hal yang sama?

Jika benar demikian, alangkah baiknya kamu berpikir secara matang terlebih dahulu. Sebab berhenti kuliah bukan sebuah solusi yang baik hanya karena merasa salah pilih.

Untuk mengatasinya, ada beberapa tips yang bisa kamu lakukan. Berikut diantaranya:

Baca juga: 4 Tipe Mahasiswa di Kampus, Kamu Tipe yang Mana?

1. Paksakan diri untuk tetap aktif kuliah

mahasiswa kupu-kupu
Photo: pexels

Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah memaksakan diri untuk tetap aktif kuliah. Ingatlah, semua butuh proses, termasuk dalam mencintai jurusan yang sedang ditempuh. Nanti lambat laun kamu akan merasa nyaman berada pada kampus yang sudah menjadi pilihanmu.

2. Perbanyak teman di kampus

tipe mahasiswa
Photo: pexels

Selanjutnya kamu harus bisa membangun relasi dengan memperbanyak teman di kampus. Sebab kampus tidak hanya digunakan untuk mencari ilmu saja, tapi juga sebagai ajang mencari teman. Dengan banyak teman, kamu akan semakin betah dan semangat pergi ke kampus.

3. Aktif mengikuti UKM

ukm kampus

Kamu bisa menyalurkan bakat dan hobimu melalui UKM (Unit Kegiatan Mahasiswa). Hal ini akan membuatmu semakin betah berada di kampus karena bertemu dengan orang-orang yang sehobi. Ada berbagai macam jenis kegiatan mahasiswa di Universitas. Usahakan untuk aktif melakukannya sehingga kamu akan menemukan sensasi baru yang menyenangkan.

4. Sering sharing atau curhat ke dosen

teman resign
photo: pexels.com

Dan yang tak kalah penting juga, kamu pun harus sering-sering berdiskusi dengan dosen. Tidak perlu semuanya, tapi pilihlah dosen yang bisa membuatmu nyaman dan memberi solusi atas keluh kesahmu. Ingatlah, dosen adalah orang tuamu di kampus, jadi kamu bisa meluapkan keluh kesah dengan meminta solusi darinya.

Baca juga: 5 Ciri-Ciri Beasiswa Palsu yang Harus Kamu Waspadai

Nah, itulah beberapa tips yang bisa kamu lakukan ketika merasa salah pilih jurusan kuliah. Semoga artikel ini bermanfaat dan jangan lupa membaca artikel lainnya hanya di Sastrawacana.