Bicara tentang seni bela diri, tentu saja di dunia ini ada banyak sekali seni bela diri dari masing-masing negara. Semua seni bela diri itu memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Namun, dari sekian banyak seni bela diri, ada beberapa yang cukup populer dan ditakuti karena gerakan demi gerakannya terbilang cukup mematikan. Saking terkenalnya, seni bela diri itu hanya bisa dilakukan oleh profesinal. Lantas, apa saja seni bela diri paling mematikan di dunia? Berikut yang telah dihimpun oleh Sastrawacana.id, diantaranya.

Baca juga: 7 Fakta Origami, Seni Lipat Kertas dari Jepang

1. Ninjutsu

ninjutsu
photo: dvoeborstvo.ru

Ninjutsu adalah salah satu seni bela diri yang cukup mematikan di dunia. Pasalnya, seni bela diri ini bisa menikam musuh tanpa diketahui. Bahkan saking hebatnya, ninjutsu dijuluki sebagai ilmu siluman yang bisa membunuh dalam bayang-bayang. Dikutip dari laman Kungfukingdom, bela diri ini mulanya dipraktikan pada zaman Yamabushi, kelompok filsuf Tiongkok yang melarikan diri ke Jepang pada tahun 593. Seiring perkembangan zaman, ninjutsu mulai terkenal dekat dengan shinobi atau ninja.

2. Bacom

bela diri bacom
photo: sumber.com

Meskipun kurang begitu familiar, tapi bacom juga termasuk sebagai salah satu seni bela diri paling mematikan di dunia. Bacom atau bisa disebut vacon adalah seni bela diri yang berasal dari Peru. Seni bela diri ini dikembangkan oleh militer yang tujuannya adalah untuk membekuk musuh dengan memberikan luka serius sehingga musuh tak dapat bergerak atau melawan.

Baca juga: 7 Tokoh Dunia yang Pernah Putus Sekolah

3. Muay Thai

Muay Thai
photo: nationthailand.com

Muay Thai adalah salah satu seni bela diri keras yang berasal dari Thailand yang merupakan turunan dari bela diri kuno Muay Boran. Ciri khas dari Muay Thai adalah menggunakan siku dan lutut untuk menghajar lawan. Dikabarkan jika seni bela diri ini sudah dipraktikkan sejak 2.000 tahun silam. Sampai sekarang, Muay Thai masih eksis dan bahkan semakin berkembang.

4. Eskrima

Eskrima
photo: ladocepares.com

Eksrima adalah seni bela diri tradisional dari Filipina yang memiliki kemampuan menghabisi lawan dengan jarak dekat. Eskrima juga bisa melawan musuh dengan sajam karena gerakan-gerakannya dapat melucuti senjata musuh. Hingga saat iini, Eskrima dikenal sebagai sena bela diri tangan kosong yang mengandalkan kecepatan dan gerakan misterius untuk membungkam lawan.

5. Karate

karate
photo: osoznanie.org

Karate adalah seni bela diri yang berasal dari Jepang. Seni bela diri ini menggunakan tangan dan kaki dengan kekuatan dan kecepatan untuk menghentikan pergerakan musuh dengan cepat. Karate menjadi salah satu bela diri paling populer di dunia karena jumlah pengikutnya sangat banyak, bahkan di negara kita tercinta.

6. Gouging

bela diri gouging
photo: themmaguru

Seni bela diri Gouging adalah sebuah teknik bertarung dari Amerika Serikat yang ada sejak abad 18. Bela diri ini memiliki gerakan-gerakan khusus untuk melumpuhkan lawan. Salah satu yang paling difokuskan adalah untuk mencungkil mata sehingga lawan tak berkutik. Namun, seiring perkembangan zaman, Gouging sudah bertransformasi menjadi tinju modern.

7. Kungfu

kungfu
photo: mirtesen

Kungfu atau gongfu (功夫, Pinyin: gōngfu) adalah salah satu ilmu bela diri paling populer yang berasal dari Tiongkok kuno. Namun, arti kata Kungfu sebenarnya memiliki makna luas, yakni sesuatu yang diperoleh dalam jangka waktu yang lama dan dengan ketekunan yang tinggi. Artinya, setiap orang yang ingin menguasai kungfu, harus melewati berbagai macam latihan dengan jangka waktu yang tidak sebentar.

Baca juga: 7 Cara Menjadi Jenius dengan Teori Leonardo da Vinci

8. Pencak Silat

pencak silat
photo: terakota.id

Pencak silat adalah seni bela diri Nusantara yang terkenal di Asia Tenggara hingga seluruh penjuru dunia. Selain cukup mematikan, pencak silat juga memiliki gerakan-gerakan yang kental akan unsur seni. Bahkan, tidak sedikit yang mengira jika pencak silat adalah sebuah tarian. Namun, ada kombinasi gerakan pencak silat yang siap menumbangkan lawan, seperti mengunci, bertahan, menyerang, bahkan ada latihan khusus untuk melumpuhkan musuh yang menggunakan senjata.

Nah, itulah beberapa seni bela diri yang paling ditakuti di dunia. Semoga artikel ini bermanfaat dan jangan lupa untuk membaca artikel lainnya hanya di Sastrawacana.id