Pengertian Seni Musik

Seni musik salah satu cabang seni yang berupa bunyi, disampaikan dengan menggunakan suara serta alat musik yang harmoni.

Seni musik sendiri merupakan bentuk ekspresi dari seniman yang dituangkan ke dalam karya berupa lagu.

Seni musik pada saat ini sudah menjadi sarana hiburan yang sangat populer di semua kalangan. Baik anak muda maupun orang tua, semuanya suka musik.

Maka tak heran jika seniman-seniman yang bergelut dalam bidang musik selalu memiliki penggemar yang jumlahnya tidak sedikit.

Baca juga: Pengertian Seni Musik Menurut Para Ahli

Unsur Unsur Seni Musik

Adapun unsur-unsur dalam seni musik adalah sebagai berikut:

1. Irama

Irama adalah ritme dari sebuah seni musik yang tujuannya untuk membuat musik menjadi lebih enak di dengar. Irama juga sering disebut sebagai gerak musik yang teratur. Artinya, ada dinamika dan gerakan yang teratur di dalam sebuah karya musik sehingga bisa menggugah gairah pendengar.

2. Melodi

Melodi adalah susunan nada pada sebuah seni musik. Maksud dari susunan nada adalah bagaimana si pencipta lagu bisa mengatur rendah atau tingginya nada. Setiap melodi pasti memiliki interval yang dapat di jangkau oleh suara manusia maupun suara alat musik.

3. Birama

Birama adalah ketukan sebuah irama di dalam sebuah musik. Birama terbagi menjadi dua macam yaitu birama bainar (penyebutannya genap) serta birama ternair (penyebutannya ganjil).

Selain itu, masih ada beberapa unsur-unsur seni musik lain. Berikut diantaranya:

  • Tangga nada
  • Harmoni
  • Tempo
  • Dinamika
  • Timbre

Jenis Jenis Musik

1. Musik Tradisional

Musik tradisional adalah musik yang hidup di masyarakat secara turun-menurun. Musik tradisional juga bisa disebut sebagai warisan leluhur Indoneisa. Setiap musik tradisional dari berbagai daerah memiliki instrumen lagu serta alat musik yang berbeda-beda. Contoh seni musik tradisional adalah Gambang Kromo dari Jawa, Ole Olang dari Madura, dan Kendang Kempul dari Banyuwangi.

Baca juga: Pengertian Musik Tradisional Menurut Para Ahli Beserta Contohnya

2. Musik Modern

Musik modern adalah jenis musik yang merupakan perkembangan dari musik tradisional. Sifat musik modern selalu berubah dan mengikuti perkembangan jaman. Tidak hanya itu, alat musik yang digunakan pada musik modern juga selalu mengalami perkembangan.

Baca juga: Sejarah Musik Eropa

Perbedaan yang paling menonjol antara musik tradisional dan musik modern adalah instrumen dan alat musik yang digunakan. Contoh musik modern adalah lagu Goyang Dua Jari, lagu Syantik, lagu Selow, atau lagu Semalam Bobo Di mana dari Lucinta Luna.

3. Musik Keroncong

Keroncong adalah jenis musik rakyat yang sudah ada sejak jaman dahulu. Menurut sejarahnya, musik keroncong merupakan musik khas Indonesia yang memiliki hubungan historis dengan musik Portugis.

Musik keroncong identik dengan tarikan suara nada tinggi sehingga kebanyakan musik keroncong dinyanyikan oleh perempuan. Contoh dari hasil karya seni musik keroncong yang ada adalah lagu Bengawan Solo, Selendang Sutra, Kota Solo, dan masih banyak lagi.

Baca juga: 8 Langkah Membuat Lagu yang Indah dan Enak Didengar

Itulah pembahasan tentang pengertian musik, unsur, jenis, dan contohnya. Semoga artikel ini bermanfaat dan jangan lupa membaca artikel lainnya hanya di Sastrawacana.