Bicara tentang blogger, tentu saja tidak luput dari yang namanya SEO (Search Engine Optimization).  Sebab, SEO adalah salah satu cara yang bisa dilakukan oleh para blogger untuk mendongkrak visitor pada blog pribadinya.

Pada umumnya ada dua jenis SEO yang paling penting dan harus dipahami oleh setiap blogger, yaitu SEO On Page dan SEO Off Page. Secara sederhana, SEO On Page adalah teknis yang perlu diperhatikan dalam tubuh website agar bisa dikenal oleh mesin pencari.

blogger
photo : pexels.com

Sedangkan SEO Off Page adalah optimasi yang dilakukan di luar halaman website itu sendiri, misalnya backlink, internal link, link building, serta keyword. Jadi, ketika kedua syarat SEO tersebut sudah dipenuhi, seharusnya blog atau website yang dikelola sudah siap bersaing di laman pencari Google.

Lantas, bagaimana cara mengetahui bahwa website kita sudah memenuhi syarat SEO On Page dan SEO Off Page? Pertanyaan ini sangat sering dilontarkan oleh para blogger, khususnya pemula.

Untuk mengetahui apakah blog yang kita kelola sudah memenuhi syarat SEO, sebenarnya ada banyak tools gratis yang bisa digunakan. Apa saja SEO Tools gratis tersebut? Berikut diantaranya:

Baca juga : 7 Cara Menulis Artikel SEO Agar Muncul di Halaman Utama Google

1. Moz

moz seo

SEO Tools gratis yang pertama adalah MOZ. Kita bisa menggunakan tools ini untuk mengetahui kekuatan website atau blog yang kita kelola, mulai dari total keywords, average difficulty, sampai cek DA PA juga disediakan secara gratis. Nah, untuk mencobanya, bisa klik di sini.

2. Website SEO Checker

website seo checker

SEO Tools gratis selanjutnya adalah WSO (Website Seo Checker). Tools ini menyediakan banyak fitur gratis, seperti pengecekan Google Indeks, DA PA blog, melihat usia domain, Alexa rank, sampai XML Generator. Klik di sini untuk mencoba Website SEO Checker.

3. Varvy’s SEO Overview Tool

varvy seo tools

Kalau Tools SEO yang satu ini terbilang sedikit lebih rinci, sebab ada beberapa poin yang akan dianalisis, mulai dari tingkat keamanan, googlebot access, mobile device, sampai tingkat kecepatan website. Setelah dianalisa, nantinya akan diberi tahu letak kesalahan website kita yang harus segera diperbaiki. Berikut linknya.

4. Mobile Friendly Test

mobile friendly test

SEO Tools gratis yang satu ini adalah milik Google. Jadi hasilnya pun pasti akurat jika parameternya adalah search engine Google. Dalam melakukan analisa, kita hanya perlu memasukkan URL Blog dan tekan jalankan pengujian. Kemudian, tunggu beberapa saat karena mesin sedang menganalisa blog kita. Berikut linknya.

5. Ubersuggest

ubersuggest riset keyword

Tools SEO yang satu ini lebih digunakan untuk mencari keyword sebelum menulis artikel. Di dalam ubersuggest, kita bisa memasukkan keyword yang akan dibidik dan melihat berapa volume serta saingannya dalam mesin pencari. Untuk menggunakannya, silakan klik di sini dan jangan lupa untuk merubah lokasi pencarian ke “Indonesia” terlebih dahulu

6. Small SEO Tools

smallseotools

Tools SEO gratis yang satu ini bisa kita gunakan sebagai analisa konten yang orisinal atau plagiat. Sebab, Google sangat membenci artikel yang copas atau memiliki kesamaan dengan artikel lainnya. Oleh karenanya, kita harus memastikan bahwa konten yang kita tulis berbeda dari artikel yang sudah ada. Untuk mencobanya klik di sini.

7. GT Metrix

gtmetrix seo

SEO Tools gratis selanjutnya adalah GT Metrix. Dengan tools ini, kita bisa melihat bagaimana kecepatan website serta kesalahan-kesalahan yang perlu diperbaiki. Analisanya memang sedikit lama, tapi hasilnya pun cukup lengkap sehingga tidak ada salahnya untuk dicoba. Berikut linknya.

8. Google Webmaster

google webmaster

Kalau yang satu ini sepertinya wajib digunakan oleh setiap blogger. Sebab, Google Webmaster tidak hanya digunakan untuk menganalisis kinerja website saja, tapi juga digunakan sebagai pengindeks agar konten di website kita cepat diindeks oleh Google.

9. SEO Site Checkup

SEO sitecheckup

SEO Tools gratis selanjutnya adalah SEO Site Checkup. Pada tools ini, kita bisa melihat apakah meta titlle dan meta deskripsi sudah benar dan terindeks oleh mesin pencari. Banyak yang mengatakan jika tools gratis ini sangat lengkap dan lebih digunakan untuk SEO On Page, sebab analisanya lebih mendalam untuk halaman website. Berikut linknya.

10. SimilarWeb

similarweb sastrawacana

SimilarWeb sudah tidak asing lagi bagi para blogger. Tools yang gratis ini memang cukup praktis karena bisa digunakan untuk melihat traffic, sumber traffic, serta ranking dari website. Selain itu, SimilarWeb juga bisa digunakan untuk membandingkan website kita dengan kompetitor. Untuk mencobanya, silakan klik di sini.

Nah, itulah 10 SEO Tools gratis yang bisa kita gunakan untuk mengoptimasi blog atau website. Sebenarnya, masih banyak sekali tools lain yang juga fungsinya hampir sama. Namun, 10 tools ini yang paling familiar dan mudah digunakan. Selamat mencoba!

Author : Maulana Affandi