Pacaran adalah sebuah proses yang tujuan akhirnya adalah pernikahan. Di mana, saat masa-masa pacaran biasanya kedua pasangan akan mencoba untuk mengenal lebih jauh, baik dari karakter diri maupun latar belakang keluarga.

Ketika dirasa pas dan cocok, maka tidak ada keraguan diantara kedua belah pihak untuk

menjalani hubungan yang lebih serius. Akan tetapi kadang sebagian wanita masih ragu dan takut jika salah piih.

Bagaimana tidak, ketika sudah salah memilih maka penyesalan seumur hidup yang akan dirasakan.

Oleh karenanya, kaum wanita selalu berhati-hati dalam memilih calon imamnya kelak.

Namun sebenarnya ada parameter yang bisa dijadikan sebagai penentu untuk meyakinkan diri bahwa pria yang sedang di hadapannya adalah pria yang pantas jadi pasanga hidup.

Parameter tersebut lebih ke sifat yang harus dimiliki sebagai ‘syarat nikah’. Adapun sifat tersebut sebagai berikut:

Baca juga: Menikah atau Karir? Begini Cara Menyikapinya

1. Dia Adalah Orang yang Penyayang

Pastikan bahwa dia adalah orang yang penyayang. Sebab, nanti bukan hanya kamu yang harus dia sayang, tapi juga ada keluargamu. Ketika dia bukan tipe orang penyayang, maka akan membuatmu sulit untuk mendekatkannya dengan keluargamu, keponakanmu, atau adikmu.

2. Dia Adalah Orang yang Jujur

Pastikan bahwa dia memiliki sifat jujur. Sebab, ketika sifat jujur sudah tertanam pada diri seseorang, maka dia akan dipercaya oleh orang lain. Kamu pun bisa menjadi lebih tenang dan tidak selalu curiga karena pada dasarnya dia tidak akan membohongimu walau dalam hal kecil sekalipun.

Baca juga: 5 Tips Agar Hubungan Pacaran Langgeng Sampai ke Pelaminan

3. Dia Adalah Orang yang Setia

Yang dibutuhkan dalam sebuah hubungan adalah kesetiaan. Ketika sudah setia, maka godaan orang ketiga tidak akan mempan. Apalagi saat ini kamu hidup di jaman internet, di mana banyak pelakor yang bisa melakukan aksinya via media sosial. Jadi, kalau calon suamimu adalah tipe orang yang setia, maka dia tidak akan termakan godaan wanita lain di luar sana.

4. Dia Adalah Orang yang Pekerja Keras

Jangan melihat pria dari harta warisan orang tuanya, tapi lihatlah dari hasil jirih payahnya sendiri. Pastikan jika dia adalah seseorang pekerja keras. Sebab, ketika dia tipe orang pekerja keras, dia tidak suka dengan hal yang sifatnya bermalas-malasan. Dengan begitu, kamu pun bisa mencari kesejahteraan dan berjuang bersama dari awal.

5. Dia Adalah Orang yang Pengertian

Pria yang pengertian memang sangat didambakan oleh seorang wanita. Sebab, ketika seorang pria bisa sangat memahami kondisi wanita dalam hal apapun. Pria pengertian biasanya tidak suka menuntut banyak dari pasangannya. Justru dia akan memberi apa yang dibutuhkan oleh wanita tersebut.

Baca juga: 8 Ciri-Ciri Istri Selingkuh, Suami Harus Waspada!

6. Dia Adalah Orang yang Rajin Beribadah

Dan yang tak kalah penting juga pastikan bahwa pria yang kamu pilih adalah orang yang rajin beridabah. Sebab, ketika dia rajin beribadah maka bisa menjadi imam yang baik untuk membimbing dan menuntunmu ke jalan yang benar.