Jaman dulu sebelum media online merajai dunia, hampir setiap orang akan mencari dan mendapatkan infomasi penting dari media cetak seperti koran atau majalah yang mereka baca setiap pagi. Di sana mereka mendapatkan informasi berita, jual beli barang, hingga lowongan pekerjaan.

Ya, di jaman itu banyak orang yang mencari lowongan pekerjaan di koran. Sebab, koran biasanya memuat banyak iklan lowongan pekerjaan dari berbagai perusahaan.

Namun berbeda dengan saat ini, media cetak sudah tergantikan dengan media online khususnya internet. Apapun informasi yang kita butuhkan bisa dicari dan didapatkan dengan cepat dan mudah. Bahkan, mencari informasi lowongan pekerjaan kini kian mudah dengan adanya situs pencari kerja di internet.

Situs pencari kerja di media online kini tersedia dalam jumlah yang cukup banyak, namun hanya ada beberapa saja yang bjaa terpercaya. Berikut adalah beberapa situs pencari kerja online terpercaya yang bisa kamu kunjungi untuk melamar pekerjaan dengan mudah. Simak yuk!

Baca juga: Contoh Surat Lamaran Kerja yang Benar Agar Dilirik HRD

1. Jobstreet.co.id

jobstreet

Situs pencari kerja online yang pertama adalah jobstreet.co.id. Kamu tentu sudah tidak asing dengan situs pencari kerja ini, bukan? Ya, di Indonesia sendiri jobstreet.co.id sudah memiliki banyak pengunjung. Jobstrees.co.id merupakan bagian dari Jobstreet.com yang didirikan di Malaysia pada tahun 1997. Dikarenakan mitra situs ini beragam yakni perusahaan australia hingga Afrika Selatan, maka kamu bisa menggunakan Bahasa Inggris maupun Bahasa Indonesia untuk mencari lowongan pekerjaan. Selain bisa dibuka melalui Google, kamu juga bisa membukanya melalui aplikasi yang bisa diunduh secara gratis di Playstore.

2. Jobs.id

jobsid

Diurutan kedua ada Jobs.id. Situs pencari kerja online yang satu ini juga sangat populer di Indonesia. Tampilannya yang sederhana bisa mempermudah setiap orang yang sedang mencari informasi lowongan pekerjaan. Selain itu, informasi lowongan pekerjaan yang tersedia mulai dari finansial hingga periklanan. Untuk lokasi pekerjaan, jangan khawatir. Sebab, di sini lokasi pekerjaan tersedia di berbagai kota seperti Bandung, Surabaya, Jakarta, Bali, Medan, Yogyakarta, Balikpapan, dan kota besar lainnya.’

3. Karir.com

karir

Karir.com merupakan situs pencari kerja online yang didirikan oleh PT. Karir Komunika Pratama yang berlokasi di Kemayoran Baru, Jakarta Selatan. Fasilitas dalam situs pencarian kerja online ini diantaranya seperti posisi, nama pekerjaan, dan kata kunci. Tidak hanya itu, kamu juga bisa menemukan informasi kategori pekerjaan berdasarkan industri, seperti financial banking, retail, writer, sales, dan sebagainya. Tak lupa pula, ada informasi mengenai ketegori pekerjaan berdasarkan kota seperti Jakarta, Bandung, Surabaya, dan masih banyak lainnya.

4. JobsDB

jobsdb

JobsDB merupakan situs pencari kerja online yang didirikan pada tahun 1998. Tidak hanya berada di Indonesia saja, situs pencari kerja online ini juga terdapat di beberapa negara lain seperti China, Hongkong, Malaysia, Singapura, Filipina, dan Thailand. Di dalam JobsDB, kamu bisa mencari kategori pekerjaan berdasarkan fungsi seperi akunting, desaign, teknologi informatika, asuransi, teknik, dan properti. Selanjutnya, kamu juga bisa mencari kategori pekerjaan berdasarkan lokasi seperti Bali, Banten, Jawa Barat, Jawa Timur, Sulawesi Selatan, dan Yogyakarta. Untuk kategori pekerjaan berdasarkan industri, kamu bisa memilihnya di beberapa bidang seperti layanan, penerbitan, percetakan, keuangan, laboratorium, dan agen perjalanan. Yang lebih menarik dari situs pencari kerja online ini adalah kamu bisa melihat perkiraan gaji dari pekerjaan yang kamu impikan.

Baca juga: 4 Hal Penting yang Wajib Diperhatikan Saat Menulis CV

5. Jobindo.com

jobindo

Untuk situs pencari kerja online selanjutnya adalah Jobindo.com. Situs ini memiliki tagline menarik yakni cara cepat cari kerja. Beberapa fitur yang bisa kamu temui dalam Jobindo.com adalah seperti pencarian pekerjaan, kategori, dan lokasi. Tak hanya itu, situs tersebut menampilkan lowongan teratas dan lowongan terbaru di halaman depannya.

6. Kompas Karier

kompas karier

Mungkin, kebanyakan orang mengenal kompas sebagai media cetak (koran) terbesar di Indonesia. Mengingat semakin majunya internet di dunia, maka media cetak terbesar dan terpopuler ini juga tidak mau ketinggalan dalam mencoba peruntungan di dunia internet. Saat ini, kompas juga menyajikan berita melalui online. Selain itu, mereka juga mendirikan sebuah situs pencari kerja online, yakni Kompas Karier. Di situs pencari kerja online ini, kamu bisa menemukan lowongan kerja terbaru, lowongan kerja pilihan, dan sejumlah tips karir. Tidak hanya itu, kamu juga bisa mengetahui informasi mengenai lowongan pekerjaan yang paling banyak dilihat dan dilamar.

7. Creasi.co.id

lowonga kerja creasi

Situs lowongan kerja berikut adalah Creasi.co.id. Mungkin kamu masih sedikit asing dengan namanya, bukan? Yap, Creasi.co.id adalah situs pencari kerja yang khusus. Maksudnya, pekerjaan yang disediakan hanyalah pekerjaan dari industri kreatif. Jadi, tidak sembarang lowongan bisa masuk di sini, adapun beberapa kategori lowongan yang bisa kamu temukan di Creasi.co.id adalah seperti graphic desainer, content writer, web desing, ilustrator, animator, sampai photographer. Jadi kalau kamu merasa memiliki kreativitas, maka situs ini cocok untukmu mencari lowongan pekerjaan.

8. Jobstren.com

jobstren

Kalau situs yang satu ini memang belum cukup diketahui oleh banyak orang. Konsepnya berbeda dari situs lowongan kerja lain, Jobstren.com cenderung lebih ke pencari kerja freelance. Jadi di situs ini kamu bisa menemukan beragam pekerjaan yang sifatnya freelance. Pada beberapa pengalaman, klien yang merekrut freelancer, langsung menjadikannya sebagai karyawan tetap karena puas dengan hasil yang dikerjakan. Nah, buat kamu yang suka kerja dari rumah, Jobstren.com adalah salah satu alternatif yang bisa kamu gunakan untuk mencari kerja freelance.

9. Sribulancer.com

sribulancer

Sribulancer.com hampir sama dengan Jobstren.com, keduanya adalah portal lowongan kerja freelance. Kamu bisa mencari ratusan lowongan kerja yang sifatnya part time dari berbagai jenis industri, mulai dari pembuatan website, content writer, design, entry data, dan sebagainya. Yang menarik dari situs lowongan kerja freelance ini kamu bisa negosiasi bid atau gaji dengan klien atau pencari kerja sampai cocok.

10. Monster.com

lowongan kerja monster

Monster.com merupakan sebuah jaringan karier global yang didirikan pada tahun 1994. Perusahaan besar ini kini memiliki anak perusahaan yang bergerak dalam situs pencari kerja online, ialah Monster.co.id. Saat kamu berkunjung ke Monster.co.id, ketik judul pekerjaan yang Anda cari pada kotak pencarian. Namun, jika kamu tidak ingin mencari informasi pekerjaan di kotak pencarian, kamu bisa mengklik salah satu kategori di Top Industries yang sesuai dengan latar belakang pendidikan atau karirmu. Akan tetapi, mungkin sebagian besar orang akan mengalami masalah saat membuka situs pencari kerja online ini. Sebab, Monster.co.id hanya menggunakan Bahasa Inggris saja.

Nah, itulah 10 situs lowongan kerja terpercaya bisa kamu gunakan untuk mencari kerja. Selamat mencoba dan semoga sukses, ya!

Author  : Eva
Editor   : Maulana Affandi