Dalam proses mencari kerja itu bisa dikatakan gampang-gampang susah. Sebab, mencari kerja tidak semudah yang dibayangkan, juga tidak sesulit yang dikhawatirkan.

Namun, mengingat begitu tingginya persaingan saat ini maka kita tidak boleh hanya berjalan di tempat.

Maksudnya adalah kita harus memiliki beberapa soft skill karena itu adalah salah satu pertimbangan yang dilirik oleh perusahaan sebelum meminang kita.

Sebab seperti yang kita tahu, hampir semua perusahaan saat ini begitu selektif dalam proses perekrutan calon karyawan.

Sehingga ketika kita memiliki beberapa soft skill, maka kita akan menang beberapa langkah dari kandidat lainnya.

Baca juga: 6 Tips Menghilangkan Grogi Saat Wawancara Kerja

Soft Skill

Nah, apa saja soft skill yang dibutuhkan agar bisa cepat dapat kerja? Berikut diantaranya:

1. Leadership

leadership

Perusahaan sangat suka dengan kandidat yang memiliki jiwa leadership. Sebab bagaimanapun juga orang yang memiliki jiwa leadership pasti bisa memimpin dirinya sendiri untuk bekerja disiplin, sebelum memimpin orang lain.

2. Problem Solving

problem solving

Saat bekerja nanti, kita pasti akan bertemu dengan berbagai macam masalah. Nah, di sinilah kemampuan problem solving kita dibutuhkan. Maka dari itu, hampir semua perusahaan cukup tertarik dengan kandidat yang mudah menyelesaikan masalah.

3. Kreatif & Inovatif

kreatif

Kalau soft skill yang satu ini tidak bisa ditawar lagi. Sebab setiap perusahaan memiliki kompetitor sehingga dibutuhkan karyawan yang memiliki kreativitas tinggi serta inovasi menarik agar bisa bersaing melawan kompetitor tersebut.

4. Public Speaking

public speaking

Dan yang tidak kalah penting juga kita harus pandai berkomunikasi. Dalam dunia kerja, kita tidak melakukan tugas seorang diri, tapi berhubungan dengan tim dan pihak lain. Maka kemampuan komunikasi sangat penting yang cukup diperhitungkan oleh perusahaan.

Baca juga: 10 Situs Lowongan Kerja Terpercaya di Indonesia 2019

Nah, itulah beberapa soft skill yang harus kita miliki supaya cepat dapat kerja. Kita bisa melatih soft skill tersebut dari sekarang sehingga nanti dapat digunakan ketika dibutuhkan.

Semoga artikel ini bermanfaat dan jangan lupa untuk membaca artikel lainnya hanya di Sastrawacana.