Mantan itu tak lebih dari sebuah kenangan, jadi sungguh merugi jika kita masih terbayang-bayang, apalagi memikirkannya.

Kita punya masa depan, kita juga berhak atas hubungan asmara yang berkualitas. Oleh karenanya, lupakan mantan dan mencari sosok baru yang bisa mengobati lara dalam hati.

Kendati demikian, masih banyak orang yang tidak bisa terbebas dari belenggu kenangan masa lalu. Bukannya bersemangat untuk mencari cinta baru, justru terjebak dalam bayang-bayang yang membuat hati pilu.

Nah, sebenarnya melupakan mantan itu gampang-gampang susah. Jika kita niat dan bersungguh-sungguh, tentu tak butuh waktu lama untuk melupakan semua tentangnya.

Tapi begitu juga ketika kita masih belum rela melepas, maka akan ada sisa-sisa rasa yang menempel di hati sehingga kita akan sulit untuk move on.

Selain itu, ada beberapa alasan lain yang membuat seseorang menjadi sulit melupakan mantan. Berikut diantaranya:

Baca juga: 7 Cara Membuat Mantan Menyesal, Coba Yuk!

1. Menyimpan Foto Bersama

Kalau niat ingin melupakan, harusnya rela menghapus semua tentangnya, termasuk foto. Ingat, galeri fotomu harus bersih dari segala yang berbau mantan. Hapus semua foto kenangan sebab itu hanya akan menimbulkan rasa sedih dan terkadang penyesalan.

2. Jangan Pernah Menyesal

Ingat, keputusanmu adalah jalan hidup yang kamu pilih. Jika kamu merasa menyesal telah meninggalkan mantan, maka kamu salah langkah. Hargai keputusanmu dengan tidak plin-plan. Jangan pernah menyesal, justru harus bahagia karena akan mendapatkan cinta baru yang lebih berkualitas.

3. Buktikan Kalau Kamu Bisa Bahagia

Selanjutnya, kamu harus buktikan jika kamu benar-benar bisa move on dan bahagia walau tanpanya. Ingatlah, masih banyak orang baik di luar sana. Bahkan lebih baik dari pada mantan. jadi buat apa bersedih, harusnya kamu menunjukkan kalau kamu bisa lebih bahagia, lebih sukses, dan lebih dewasa.

Baca juga: Apa Itu Galau? Baca Artikel ini dan Kamu Akan Paham Maknanya

4. Jangan Pernah Membahasnya

Jangan pernah membahas, apalagi menyebut namanya ketika dalam proses move on. Sering terjadi, proses move on menjadi sulit karena nama mantan terus terngiang. Oleh karenanya, sebisa mungkin jangan sebut namanya sampai kamu benar-benar bisa move on.

5. Jangan Membanding-Bandingkan

Ingat, setiap orang punya kelebihan dan kekurangan masing-masing. Ketika kamu sedang dekat dengan orang baru, maka jangan membandingkannya dengan mantan. Tentu saja ada perbedaan. Jadilah orang bijaksana dengan menghargai kelebihan serta kekurangan orang lain.

6. Sering Stalking Media Sosial

Kalau sekali pergi ya pergi, tidak usah menoleh ke belakang, apalagi intip-intip di media sosial. Jangan pernah stalking. Toh tindakan ini tidak akan memberikan manfaat apapun. Justru kamu akan lebih sakit hati jika mengetahui dia sudah bahagia dengan orang lain. Jangan stalking, kalau perlu blokir semua akun media sosialnya.

Baca juga: Jangan Galau Terus, Inilah Cara Melupakan Seseorang yang Bikin Sakit Hati

7. Tidak Serius Melupakan

Dan yang terakhir adalah tidak serius melupakan. Percuma jika hanya omong belaka, tanpa ada usaha. Banyak terjadi seperti ini, bicara ingin melupakan mantan tapi faktanya tidak serius dalam berusaha. Kalau sudah begini, jangan salahkan orang lain ketika rasa sakit dan kecewa terus menghantuimu.

Nah, itulah beberapa alasan yang menyebabkan kamu menjadi sulit melupakan mantan. Semoga artikel ini bermanfaat dan jangan lupa membaca artikel lainnya hanya di Sastrawacana.