Sungai Terpanjang di Dunia

Berikut adalah beberapa sungai terpanjang di dunia yang tercatat dalam sejarah, diantaranya:

1. Sungai Nil

Sungai Nil

Sungai Nil adalah sungai terpanjang di dunia. Sungai yang juga menjadi simbol kemakmuran rakyat mesir ini berhulu di Danau Victoria dan terus mengalir sampai Laut Mediterania dengan panjang keseluruhan sungai mencapai 4180 mil atau sekitar 6.650 km.

2. Sungai Amazon

Sungai Amazon

Sungai Amazon adalah sungai di Amerika Selatan yang merupakan sungai terpanjang kedua di dunia. Panjangnya mencapai 6.400 km!

Baca juga: 7 Jurusan Kuliah Untuk Kamu yang Hobi Traveling

3. Sungai Mississippi

Sungai Mississippi

Sungai Mississippi ialah sungai di Amerika Serikat. Merupakan salah satu sungai terpanjang di dunia dan merupakan sungai terpanjang kedua di Amerika Serikat. Memiliki panjang 3,734 km dan bersumber pada Danau Itasca di Minnesota dan berujung pada Teluk Meksiko.

4. Sungai Yangtze

Sungai Yangtze

Sungai ini menjadi batas selatan kebudayaan kuno Tiongkok yang berada di antara Sungai Kuning di utara dan Sungai Panjang di selatan. Panjang keseluruhannya mencapai 3602 mil.

5. Sungai Ob

Sungai Ob

Sungai Ob merupakan salah satu sungai di Siberia bagian barat, Rusia. Sungai ini memiliki panjang 2.962 km. Kota utama yang bermuara di sungai ini ialah Biysk, Barnaul, Novosibirsk, Nizhnevartosk, dan Surgut.

6. Sungai Huang He

Sungai Huang He

Sungai Kuning adalah sungai yang penting di Republik Rakyat Tiongkok Utara yang menjadi pusat kebudayaan Cina bersama-sama dengan Sungai Panjang di selatan. Dengan panjang 5.464 km, sungai ini merupakan sungai terpanjang kedua di Tiongkok setelah Sungai Panjang.

Baca juga: 8 Palung Terdalam di Indonesia

7. Sungai Yenisei

Sungai Yenisei

Yenisei adalah sungai terbesar yang mengalir ke Samudra Arktik, dan dengan kepanjangan 3438 km. Sungai ini berhulu di Mongolia. Namun, sebagian besar sungai berada di Rusia. Di bagian tengah sungai ini terdapat bendungan hidroeletkrik besar

8. Sungai Parana

Sungai Parana

Paran√° River adalah sungai yang mengalir melalui wilayah Brasil, Paraguay dan Argentina sepanjang 2.570 kilometer. Panjang sungai dapat meningkat menjadi 3.998 km jika jarak dihitung dari daerah hulu Sungai Paranaiba di Brasil. Sungai ini terbentuk pada muara sungai Paranaiba dan Grande di Brasil selatan.

9. Sungai Irtysh

Sungai Irtysh

Sungai Irtysh adalah salah satu sungai yang terletak di Rusia bagian selatan. Sungai ini memiliki panjang 4.248 km (2.640 mil)

10. Sungai Kongo

sungai kongo

Sungai Kongo adalah sungai terbesar di Afrika Tengah bagian Barat. Sungai ini memiliki panjang sekitar 4.700 km, menjadikannya sebagai sungai terbesar kedua di Afrika. Sungai ini mengalir melalui hutan hujan terbesar di dunia. Nama Kongo berasal dari Kerajaan Kongo.