Walau pacaran merupakan tahap awal dalam memulai hubungan ke jenjang lebih serius, namun nyatanya tidak sedikit orang yang lebih memilih untuk tidak pacaran alias menjomblo.

Ada banyak alasan yang mendasari keputusan mereka untuk tidak pacaran, salah satunya adalah karena rasa takut untuk memulai hubungan yang baru bersama seseorang yang baru juga. Rasa takut tersebut bisa jadi akibat trauma akan hubungan sebelumnya.

Sebenarnya, ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk menyingkirkan rasa takut tersebut agar kamu bisa menikmati hubungan yang baru. Untuk itu, simak informasinya berikut ini.

Baca juga: 5 Ciri-Ciri Pria Sudah Luntur Cintanya Kepada Wanita

1. Berbagi Cerita dengan Orang Terdekat

Seseorang yang mengalami rasa takut, khususnya dalam hal percintaan, ia akan lebih memilih untuk memendamnya sendiri. Sebaiknya, ceritakan apa yang sedang kamu rasakan. Utarakan rasa takutmu pada orang terdekat yang bisa kamu percaya seperti sahabat atau saudara. Dengan berbagi cerita, maka ketakutanmu akan berkurang. Selain itu, mereka juga akan memberikan solusi terbaik atas rasa takut yang sedang kamu rasakan.

2. Berani Melawan Rasa Takut

Rasa takut yang muncul harus bisa kamu lawan. Sebab, jika kamu takut melawannya, maka sampai kapanpun kamu tidak akan bisa memulai hubungan yang baru. Yakinkan dirimu bahwa tidak semua orang baru memiliki sifat buruk seperti yang kamu pikirkan. Sebaliknya, bisa saja orang tersebut justru akan membuatmu nyaman dan bahagia.

3. Lakukan Hal yang Menyenangkan

Cara lain yang juga ampuh untuk melawan rasa takut adalah mengalihkan pikiran dengan melakukan hal yang menyenangkan, misalnya pergi liburan ke tempat faforit bersama teman. Jangan berdiam diri saja. Sebab, jika kamu berdiam diri rasa takut tersebut akan semakin besar.

Baca juga: Inilah yang Akan Dilakukan Wanita Ketika Jatuh Cinta

4. Menerima Masa Lalu

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa rasa takut untuk memulai hubungan yang barus bisa diakibatkan oleh rasa trauma pada hubungan sebelumnya alias masa lalu. Cara terbaik yang bisa kamu lakukan adalah cobalah untuk menerima masa lalumu dengan sepenuhnya walau masa lalu tersebut sangat kelam.

Nah, itulah beberapa tips yang bisa kamu lakukan untuk membuang rasa takut ketika ingin memulai hubungan baru. Ingat, kamu punya hak untuk bahagia. Jadi, jangan larut dalam kesedihan, ya!

Author  : Eva
Editor   : Maulana Affandi