Taubat adalah sebuah bentuk penyesalan atas dosa atau kesalahan yang telah dilakukan dan berjanji untuk tidak mengulanginya lagi. Taubat juga bisa diartikan sebagai memohon ampunan kepada Allah SWT karena telah melakukan sebuah hal yang dilarang oleh agama.

Namun, taubat tidak sembarang dilakukan. Sebab, ada beberapa syarat yang harus terpenuhi terlebih dahulu agar taubat kita diterima oleh Allah SWT. Adapun syarat-syaratnya sebagai berikut.

Baca juga: Zakat Fitrah: Pengertian, Dalil, Niat & Yang Berhak Menerima

1. Mengakui Kesalahan

Hal pertama yang harus kita lakukan adalah mengakui bahwasanya apa yang kita lakukan adalah sebuah kesalahan besar. Kita tidak boleh mencatut nama orang lain sebagai pembelaan. Akui saja bahwa dosa yang kita lakukan bersumber dari diri kita sendiri.

2. Menyesali Perbuatan Dosa

Setelah kita mengakui bahwasanya kita sudah melakukan hal yang tidak terpuji. Maka kita juga harus menyesalinya. Sebab, menyesal adalah salah satu bentuk taubat. Ketika kita menyesal dan mengakui bahwa kita salah, maka itu adalah salah satu petunjuk bahwa hati kita sudah terketuk untuk bertaubat.

3. Memohon Ampun Kepada Allah SWT

Tidak ada yang maha pengampun kecuali Allah Sang Pencipta. Allah akan mengampuni segala kesalahan dan dosa manusia jika manusia itu benar-benar bertaubat dan memohon ampun kepada Allah. Dalam memohon ampun, kita harus benar-benar serius karena Allah sangat tahu apa yang ada dalam pikiran dan hati kita.

4. Berjanji untuk Tidak Melakukannya Lagi

Kita juga harus bisa berjanji untuk tidak melakukan perbuatan dosa lagi. Sebab, ketika seseorang yang bertaubat, kemudian mengulangi kesalahan lagi, kemudian bertaubat lagi, kemudian terulang lagi, maka Allah akan melemparkan ke dalam neraka jahanam. Naudzubillah!

5. Perbanyak Amal Soleh

Tidak cukup hanya dengan berhenti melakukan perbuatan dosa. Kita juga harus perbanyak amal soleh. Kita harus tingkatkan ibadah kita sebagai bukti bahwasanya kita benar-benar bertaubat dan memohon ampunan kepada Allah SWT.

Itulah syarat agar taubat kita diterima oleh Allah SWT. Semoga kita menjadi manusia yang senantiasa dalam rahmat dan kasih sayang Sang Pencipta. Aamiin.