Dalam dunia kerja, pasti tidak selamanya kita mendapat teman yang baik, bukan? Sebab di perusahaan manapun pasti ada orang yang suka cari muka kepada atasan.

Parahnya lagi, orang tersebut sangat suka mencari kesalahan orang lain sehingga dia terkesan sebagai orang yang paling sempurna di mata perusahaan. Ibaratnya, dia tertawa di atas penderitaan orang lain.

Lalu, akibatnya apa? Tentu saja orang lain yang dirugikan. Sudah sering terjadi, orang bermuka dua seperti ini selalu membuat masalah dengan karyawan se-kantor sehingga membuat karyawan lain mendapat nilai buruk di mata perusahaan.

Nah, bagi kamu yang memiliki teman seperti ini di kantor, berikut adalah beberapa tips menghadapinya.

Baca juga: Teman Sekantor Resign? Inilah yang Harus Kamu Lakukan

1. Perhatikan Gerak-Geriknya

Orang bermuka dua sangat lincah pergerakannya untuk menjatuhkan orang lain. Jadi, kamu harus perhatikan gerak-geriknya selalu. Jika dia sampai mencatut namamu, maka segeralah bertindak sebelum kamu dirugikan.

2. Jangan Sungkan untuk Menegur

Jika kamu adalah orang yang mudah sungkan terhadap orang lain, maka jangan lakukan ini pada orang bermuka dua. Sebab, ketika kamu diam saja maka dia justru akan semakin liar pergerakannya. Segera tegur dan katakan bahwa apa yang dia lakukan itu tidak benar serta bisa merugikan orang lain.

3. Bela Dirimu Ketika Mulai Dirugikan

Ketika kamu dituduh dengan tuduhan yang bukan-bukan, maka bela dirimu sesuai fakta. Jangan mau mengalah, apalagi dengan orang bermuka dua seperti itu. Selagi kamu tidak salah, maka jangan pernah takut untuk mengatakan kebenaran. Sebab nantinya kebenaran akan menang dan mengalahkan kebohongan.

4. Jangan Terlalu Dekat Dengannya

Dia adalah orang yang tipenya tidak peduli dengan orang lain. Walaupun kamu kawan baiknya sekalipun, dia akan tetap membuatmu merugi. Oleh karenanya lebih baik tidak usah terlalu dekat dengannya. Sebab, saat terjadi apa-apa, kamu tidak sungkan untuk menegurnya.

5. Jangan Khawatir Akan Karir

Dan yang paling sering dikhawatirkan adalah tentang karir. Kebanyakan orang takut jika dipecat. Tapi kamu harus ingat, kamu adalah seseorang yang punya harga diri. Ketika kamu sudah tidak bisa membuktikan kebenaran, maka jangan ikut-ikutan mencari muka. Biarlah jika perusahaan memecat, masih banyak perusahaan lain di luar sana yang menantimu.

Nah, itulah beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk menghadapi orang suka cari muka di kantor. Jadi jangan pernah takut, ya!

Author : Maulana Affandi