Baru-baru ini, pada Mei 2018 Google Adsense sedang mengeluarkan aturan baru lagi. Entah apa alasannya, aturan yang terlampau panjang dan membuat orang malas membaca itu tiada lain untuk memperketat aturan yang baru. Salah satunya adalah publisher adsense diwajibkan berusia minimal 18 tahun dengan menunjukkan bukti tanda pengenal (KTP, SIM, dan sebagainya).

Bicara mengenai aturan-aturan yang dilayangkan Google Adsense, banyak publisher yang tidak menggubrisnya. Sebab, biasanya para publisher langsung saja melanjutkan ke tahap selanjutnya (mencentang kotak persetujuan) untuk bisa masuk ke halaman utama Adsense.

Namun, pada aturan yang terbaru ini, Google Adsense agak sedikit kaku dan susah diajak kompromi. Pasalnya, banyak publisher yang tidak bisa login atau masuk ke halaman utama Adsensenya dikarenakan tidak muncul kotak persetujuan.

tidak muncul kotak persetujuan adsense

Tentu saja hal ini bukan perkara yang remeh bagi publisher, sebab dengan tidak bisa mengakses Adsense, sudah pasti para publisher pun tidak bisa mengetahui traffic atau pendapatan terbarunya. Selain itu, walaupun saldo sudah mencapai ambang batas, publisher juga tidak bisa menarik pembayaran karena hal serupa, yakni tidak bisa masuk ke halaman utama Adsense.

Saya sendiri mengalaminya, pada kolom aturan baru tersebut tertulis:

Administrator untuk akun Anda harus membaca dan menyetujui persyaratan dan ketentuan di atas. Jika persyaratan dan ketentuan ini tidak disetujui, Anda tidak akan dapat terus menggunakan Adsense”

Karena merasa bingung dan takut, akhirnya saya mencari informasi ke sana kemari. Mulai dari chatting para blogger senior, bertanya di grup, dan search di Google, tak satupun jawaban yang saya temukan.

Akhirnya saya masuk ke komunitas Google Adsense yang isinya orang bule semua dan otomatis seluruh percakapan pun menggunakan bahasa Inggris. Awalnya, saya takut tidak digubris, tapi saya memberanikan diri untuk bertanya dan pertanyaan saya sebagai berikut:

bertanya di komunitas adsense

Dari postingan itu, syukur ada seorang ahli yang menjawab, namanya Anneke van Dijken. Dia mengatakan bahwa saya harus log in dengan akun utama (administrator) atau email yang digunakan untuk mendaftar Adsense.

Tentu saja saya lupa, sebab sudah setahun lebih saya menggunakan email lain tanpa kendala. Saya balik bertanya ke dia, apakah tidak ada cara lain untuk dapat menyelesaikan masalah ini. Dia menjawab lagi dan memberikan saya link untuk memperbaiki masalah tidak bisa login. Tapi, lagi-lagi cara tersebut tidak ada efeknya sama sekali.

komunitas-google-adsense

Sampai akhirnya saya sedikit lelah, namun email saya ramai pemberitahuan. Ternyata banyak mengalami hal serupa. Mereka juga meninggalkan komentar di postingan saya bahwa mereka juga tidak bisa login dengan alasan kotak persetujuan tidak muncul.

Beberapa jam kemudian, si Anneke van Dijken kembali menjawab pertanyaan saya dan dia memberikan sebuah link khusus yang bisa saya gunakan untuk menghubungi pihak Adsense. Langsung saja saya mengirimkan email lengkap dengan keluhan. Tapi apa berhasil? Tidak!

Intinya, Google Adsense tetap menginginkan akun yang utama atau pertama kali digunakan untuk mendaftar ke Adsense tersebut. Saya pun tidak menyerah, mencoba ubek-ubek seluruh isi laptop berharap menemukan email yang telah saya lupakan bertahun-tahun.

Sekitar 3 jam mencari, akhirnya saya mendapatkan satu folder yang berisi puluhan email, maklum dulu suka daftar game online dengan beberapa email berbeda. Jadi, saya coba satu persatu email itu. Dari puluhan email tersebut, Alhamdulillah akhirnya ketemu email utama yang saya cari.

Lalu saya coba login dan KOTAK PERSETUJUAN AKHIRNYA KELUAR! Memang butuh waktu dan sedikit memakan otak sebab harus cari cara sampai ke website luar negeri dengan mengandalkan Google Translate tapi semua terbayar dengan berhasil login kembali.

Intinya, tidak ada cara lain untuk mengeluarkan kotak pencarian itu sampai Anda benar-benar login menggunakan akun utama/administrator/email yang digunakan untuk mendaftar pertama kali. Jika sampai lupa, sebaiknya Anda segera bertanya di komunitas, di sana banyak pakar yang akan memberikan solusi terkait permasalahan Anda.

Bagi yang sudah menyelesaikan masalah ini, selamat! Dan jangan lupa share pengalaman Anda di kolom komentar agar menginspirasi rekan-rekan publisher yang mengalami kasus serupa. Sekian cerita saya mengenai aturan Google Adsense yang baru, semoga bermanfaat.