Pengertian Tipologi Bahasa

Tipologi bahasa adalah cabang linguistik yang meneliti dan mengklarifikasikan corak atau tipe bahasa berdasarkan struktur dan ciri-cirinya.

Sehingga bahasa yang coraknya sama atau setidak-tidaknya mirip, akan dikelompokkan menjadi satu golongan atau dalam satu kelas yang sama sebagai satu tipe. Istilah variannya adalah klasifikasi bahasa (language classification).

Sedangkan menurut KBBI, tipologi adalah:

ti.po.lo.gi

  1. n ilmu watak tentang bagian manusia dalam golongan-golongan menurut corak watak masing-masing

  2. n Ling klasifikasi kamus dan buku acuan lain

  3. n Ling ilmu yang mempelajari kesamaan sintaksis dan morfologi bahasa-bahasa tanpa mempertimbangkan sejarah bahasa

Dari pengertian di atas, dapat disimpulkan bahwa tipologi bahasa bertujuan untuk mendeskripsikan keberagaman struktur dan ciri umum dari bahasa yang ada di dunia.

Baca juga: Sejarah Singkat Lahirnya Bahasa Indonesia

Jenis Jenis Tipologi Bahasa

Ada beberapa jenis tipologi bahasa, diantaranya: tipologi genetis, tipologi geografis, tipologi struktural.

1. Tipologi Genetis

Tipologi genetis adalah klasifikasi bahasa yang didasarkan pada masalah kekeluargaan atau kekerabatan bahasa. Dalam teori, kepentingan bahasa sama halnya dengan manusia yang punya garis keturunan.

Di mana bahasa berasal dari satu induk yang memiliki keturunan kemudian menciptakan berbagai macam varian bahasa atau dialek.

2. Tipologi Geografis

Tipologi geografis juga sering disebut dengan tipologi areal. Kriteria yang dipergunakan adalah lokasi geografis atau areal (Comrie, 1981: 197) dalam Soeparno (2003: 25). Maksudnya, setiap daerah/lokasi geografis mewarnai corak pemakaian bahasanya.

Misalnya Bahasa Melayu yang digunakan di wilayah Jakarta tentu berbeda coraknya dengan bahasa Melayu yang digunakan di wilayah Riau, Minang, Banjar, Makassar, dan sebagainya.

3. Tipologi Struktural

Tipologi struktural cenderung menggunakan kriteria struktur bahasa yang meliputi struktur morfologis, struktur morfosintaksis, struktur fraseologis, maupun struktur klausal.

Menurut teori morfologis, setidaknya ada empat macam tipe bahasa, yaitu aglutinatif, fleksi, flekso-aglutinatif, dan isolatif.