Musim hujan telah tiba, alangkah baiknya kita menyiapkan jas hujan sebelum pergi ke luar rumah.

Sebab, selain bisa menangkal air, jas hujan juga melindungi badan kita dari hantaman angin sehingga meminimalkan risiko masuk angin.

Namun, jika kita lupa membawa jas hujan atau mantel, maka pilihan yang tepat ketika kehujanan di jalan adalah berteduh.

Jangan memaksakan diri untuk tetap melaju saat sedang hujan. Selain tidak baik bagi kesehatan, hal ini juga berisiko buruk, salah satunya adalah kecelakaan lalu lintas.

Namun, berteduh pun ada caranya, loh.

Sering terjadi, orang yang berteduh karena kehujanan malah terkena masalah baru, hingga nyawa pun menjadi ancamannya.

Baca juga: Perbedaan Negara Maju dan Negara Berkembang dari Berbagai Aspek

Tips Berteduh Saat Hujan

Untuk menghindari hal tersebut, perhatikan hal-hal berikut ini ketika berteduh saat kehujanan di jalan.

1. Jangan Berteduh di Pinggir Jalan yang Ramai

Saat berteduh, hal pertama yang harus diperhatikan adalah tempatnya. Jangan memilih tempat berteduh yang mengganggu fasilitas umum, misalnya di pinggir jalan.

Hal itu dapat menyebabkan kemacetan sehingga berisiko terjadinya kecelakaan lalu lintas. Lebih baik mencari tempat berteduh yang aman, sedikit jauh dari jalan raya.

2. Berteduh di Gedung Atau Bangunan

Pilihlah tempat berteduh yang memiliki atap paten, misalnya gedung atau bangunan. Jangan berteduh di tempat yang terbuat dari kayu ataupun triplek.

Sebab, ketika angin kencang datang, maka kamu akan lebih aman ketika berada di gedung. Misalnya di parkiran ruko, di teras rumah, atau tempat lain yang sekiranya kokoh.

3. Jangan Berteduh di Bawah Pohon

Banyak kasus terjadi orang terkena sambaran petir ketika berteduh di bawah pohon. Sebaiknya kamu menghindarinya, apalagi hujan disertai petir.

Hal tersebut dikarenakan petir selalu menyambar objek yang tinggi, salah satunya adalah pohon.

4. Hati-Hati Saat Berteduh di Flyover

Bawah flyover memang menjadi tempat favorit bagi setiap pengendara motor yang kehujanan. Tapi alangkah baiknya kamu melihat terlebih dahulu kondisinya.

Jika sudah penuh dan sesak, lebih baik mengalah dan mencari tempat berteduh lainnya. Sebab hal tersebut bisa menyebabkan kemacetan lalu lintas yang berisiko terjadinya kecelakaan.

Bahkan untuk mengantisipasi hal buruk tersebut, ada beberapa wilayah yang menerapkan aturan denda bagi yang memaksa untuk berteduh di bawah flyover.

5. Hati-Hati Berteduh di Kolong Jembatan

Kadang ada juga orang yang berteduh di kolong jembatan. Motornya di tinggal di pinggir jalan, dia langsung turun ke kolong agar tak kena hujan.

Hal ini sebanrnya tidak baik, sebab ada dua risiko sekaligus. Pertama, kamu bisa berisiko kehilangan motor. Kedua, risiko yang mengancam nyawa, yaitu terjadi banjir di jembatan.

Jadi, untuk menghindari kemungkinan buruk tersebut, berhati-hatilah ketika memilih tempat berteduh.

Nah, itulah beberapa tips dan saran berteduh ketika kehujanan di jalan. Ingat, keselamatanmu adalah hal utama yang tidak bisa ditawar. Jadi, bijaklah dalam menentukan sebuah keputusan, termasuk berteduh.

Semoga artikel ini bermanfaat dan jangan lupa membaca artikel lainnya hanya di Satrawacana.