Bagi pasangan yang baru saja menikah, dituntut harus bisa hidup mandiri tanpa bergantung pada orang tua lagi. Mereka harus tinggal di rumah sendiri. Hal ini juga bertujuan agar mereka tidak lagi merepotkan orang tua dan mertua, serta bisa menjaga privasi.

Akan tetapi, tidak mudah bagi mereka untuk membeli rumah sendiri pasca menikah. Beruntung bagi mereka yang sudah mendapatkan rumah dari orangtua. Namun, bagi pasangan yang tidak seberuntung itu atau bahkan ingin membeli rumah dengan hasil keringat sendiri, mereka akan berusaha bekerja lebih giat dan memulainya dari awal.

Mula-mula mereka akan tinggal di rumah kos atau mencari rumah kontrakan yang dianggap lebih nyaman karena seperti rumah sendiri. Akan tetapi, memilih rumah kontrakan juga bukanlah perkara mudah. Sebab, ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan. Nah, berikut adalah tips memilih rumah kontrakan bagi kamu yang baru saja menikah, diantaranya:

Baca juga: 8 Ciri-Ciri Istri Selingkuh, Suami Harus Waspada!

1. Carilah Rumah yang Sederhana

Rumah kontrakan bukanlah rumah yang selamanya bisa kamu tempati. Ibarat kata, rumah ini hanya untuk tempat persinggahan sementara saja. Oleh sebab itu, kamu tidak perlu mencari rumah yang besar dan mewah karena hanya membuang uang dengan percuma. Pilihlah rumah dengan ukuran kecil dan nyaman dengan memiliki dua kamar.

2. Lokasi Rumah yang Aman

Keamanan merupakan syarat utama dalam memilih rumah. Bagi kamu pasutri muda, sebaiknya pilih rumah yang berada dilokasi cukup aman, salah satunya adalah perumahan. Biasanya, perumahan memiliki sistem keamanan yang bagus. Hal ini bertujuan untuk meminimalisir kejahatan sehingga kamu bisa hidup dengan nyaman.

3. Pastikan Kondisi Rumah

Sebelum menjalin kesepakatan untuk mengontrak dengan si empunya rumah, pastikan terlebih dahulu apakah kondisi rumahnya dalam keadaan prima dan butuh perbaikan atau tidak. Sebab, jika memang diperlukan perbaikan, kamu harus menyediakan budget yang lebih banyak. Sebaiknya, pilihlah rumah yang memang sudah siap dihuni agar pengeluaranmu tidak semakin membengkak.

Baca juga: Menikah atau Karir? Begini Cara Menyikapinya

4. Sesuaikan Harga dengan Budget yang Disiapkan

Hal penting lainnya yang harus diperhatikan saat ingin mengontrak rumah adalah harganya. Jangan sampai kamu memilih rumah yang harga sewanya melebihi budget yang sudah kamu siapkan. Oleh karenanya, pilihlah rumah yang biasa saja namun tetap nyaman untuk dihuni.

5. Pertimbangkan Lokasi

Tips terakhir memilih kontrakan adalah pertimbangkan lokasi rumah tersebut terlebih dahulu. Misalnya, pilihlah rumah yang berlokasi cukup dekat dengan tempat kerjamu dan pasangan. Hal ini betujuan agar ongkos transportasi bisa diminimalisir. Selain itu, jangan lupa pilih lokasi yang dekat dengan pasar, pusat perbelanjaan, rumah sakit, dan tempat umum lainnya agar dapat memudahkanmu dengan pasangan.

Itulah tips memilih rumah kontrakan bagi pasangan suami istri yang baru saja menikah. Semoga bermanfaat, ya!

Author  : Eva
Editor   : Maulana Affandi