Tips Mendapatkan IPK Tinggi

Bagi setiap Mahasiswa, mendapatkan IPK (Indeks Prestasi Kumulatif) yang tinggi adalah sebuah impian yang diperjuangkan. Sebab, IPK yang tinggi bisa membuat Mahasiswa menjadi lebih mudah mencari pekerjaan setelah dia lulus nanti.

Sebab, sampai sekarang masih ada tradisi bagi perusahaan swasta maupun negeri yang menetapkan batasan nilai IPK kepada setiap pegawai atau calon pegawai. Sehingga sangat sulit bagi Mahassiwa yang memiliki IPK rendah untuk bersaing, mengingat persaingan saat ini sangat ketat.

Oleh karenanya, mendapatkan IPK yang tinggi adalah sebuah pilihan yang tepat dan tidak bisa ditawar lagi. Lantas, bagaimana cara mendapatkan IPK yang tinggi? Simak informasinya berikut ini.

Baca juga : Ampuh, Inilah 5 Tips Mengatasi Stres Bagi Mahasiswa

Menguasai Mata Kuliah

Hal pertama yang harus dilakukan adalah rajin belajar. Sebab, bagaimanapun juga nilai yang kita dapatkan adalah wujud dari apa yang kita lakukan. Semakin baik pemahaman kita pada mata kuliah, maka semakin baik pula nilai yang akan kita dapatkan.

Menjadi Mahasiswa Aktif

Perlu diketahui, sebenarnya kebanyakan dosen atau tenaga pendidik sangat suka dengan anak yang aktif. Hal itu menunjukkan bahwa dia adalah orang yang serius ingin belajar. Aktif bukan hanya sekedar menjawab semua pertanyaan, melainkan juga aktif untuk bertanya sesuatu yang dirasa belum paham. Maka dari itu, jadilah Mahasiswa yang aktif untuk mendapatkan penilaian yang baik.

Gabung dengan Organisasi

Selagi masih aktif menjadi Mahasiswa, alangkah baiknya kita mengikuti organisasi. Namun ingat, organisasi yang dipilih harus organisasi yang resmi dari Universitas. Sebab, ada segudan manfaat yang bisa kita dapatkan dari organisasi, salah satunya adalah kedisiplinan dan kerja sama. Maka secara tidak langsung, kita akan menjadi orang yang disiplin sehingga meningkatkan penilaian dosen kepada kita.

Menyelesaikan Tugas dengan Baik

Kerjakan semua tugas yang diberikan dosen saat kuliah maupun praktikum. Sebaiknya kita tidak menunda-nunda mengerjakannya karena jika tugas sudah menumpuk, kita akan kewalahan. Akibatnya hasil yang kita kerjakan tidak akan maksimal. Jadi, selesaikan tugas yang diberikan dengan sebaik-baiiknya.

Kurangi Kebiasan Bolos

Kebiasaan ini memang sering menjadi hobi bagi kebanyakan Mahasiswa. Ada saja alasan untuk membolos, misal tidak suka dengan dosen atau jam mata kuliah yang tabrakan dengan mata kuliah lain. Kalau ingin IPK tinggi, jangan menjadi Mahasiswa yang suka bolos. Sebab, sebenarnya dosen mengetahui dan bisa membedakan mana Mahasiswa yang rajin dan mana Mahasiswa yang pembolos.

Budi Pekerti

Sedari kecil kita sudah diajarkan budi pekerti oleh orang tua dan guru. Nah, budi pekerti ini sangat penting manfaatnya bagi kehidupan sehari-hari, termasuk dunia perkuliahan. Junjung tinggi nilai luhur dan budi pekerti, seperti kejujuran, toleransi, tanggung jawab, kerja sama, gotong royong, dan sebagainya. Hal ini akan menambah nilai kita di mata dosen.

Siap Menghadapi Ujian

Dan yang terakhir adalah kita harus siap menghadapi ujian. Ketika kita sudah mempersiapkan diri dengan baik, maka kita tidak akan pernah takut menghadapi ujian. Jangan pernah mencontek ataupun melakukan kecurangan saat ujian karena itu hanya membuat rugi diri sendiri.

Nah, itulah beberapa tips mendapatkan IPK tinggi yang bisa kita terapkan dari sekarang. Selamat mencoba dan semoga sukses, ya!